Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Bakal Beri Pendanaan untuk Startup Baru Lewat Program Ini

Kompas.com - 09/02/2024, 12:42 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pembayaran digital Visa mengumumkan panggilan terbuka bagi perusahaan rintisan (startup) untuk menjadi bagian dari Program Visa Accelerator 2024.

Program yang berlangsung selama enam bulan ini bertujuan untuk mendukung perusahaan startup yang berpartisipasi di seluruh kawasan Asia Pasifik, menyediakan platform untuk membuka potensi pertumbuhan dan peluang komersialisasi.

Sejak diinisiasi, Program Visa Accelerator telah membina berbagai startup yang berpartisipasi di kawasan Asia Pasifik, dengan menghadirkan mentor berpengalaman, teknologi canggih, dan akses ke prospek investasi.

Baca juga: Menilik Potensi Investasi Startup pada 2024

Dipandu oleh Visa, startup peserta dari angkatan 2021 dan 2022 telah berhasil membentuk kesepakatan komersial dengan klien dan mitra regional terkemuka. Ada tujuh perusahaan startup terpilih untuk angkatan 2023 pada Mei 2023.

Program ini menawarkan peluang kolaboratif yang unik, yang memungkinkan startup untuk bersama-sama mengembangkan, menguji, dan menciptakan solusi bersama para pakar pembayaran dan tim pengembangan bisnis Visa.

Pada tahun 2024, fokus program ini adalah "Membangun Masa Depan Perdagangan dengan Visa" dalam agenda komprehensif untuk menggali lima bidang potensial yaitu kecerdasan buatan atau AI generatif, layanan keuangan terintegrasi, pergerakan uang global, adopsi digital untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan loyalitas masa depan.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman mengatakan, program Visa Accelerator menjawab tantangan dunia nyata yang bermanfaat bagi konsumen, bisnis, dan industri pembayaran secara keseluruhan.

"Dengan mengikuti program ini, startup di seluruh wilayah Asia Pasifik mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan para ahli di Visa selama enam bulan untuk mewujudkan proof of concept mereka," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (9/2/2024).

Adapun, program Visa Accelerator kembali digelar untuk keempat kalinya pada tahun 2024. Visa menyambut perusahaan startup yang sedang bertumbuh dengan komitmen kuat terhadap pertumbuhan jangka panjang di kawasan Asia Pasifik, bisnis yang sudah beroperasi di kawasan, dan solusi yang tervalidasi pasar serta terbukti untuk diterapkan.

Jangka waktu program ini dimulai dari periode pendaftaran yang dimulai pada 8 Januari dan berakhir pada 8 Maret 2024. Adapun, peserta yang terpilih akan diumumkan pada April 2024.

Pengembangan Proof-of-Concept (POC) akan berlangsung dari bulan Mei hingga Oktober tahun ini, dan Demo Day terakhir akan dilaksanakan pada bulan November 2024.

Inisiatif ini ditujukan untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan pertumbuhan perusahaan startup di bidang pembayaran digital.

Riko menambahkan, startup yang terpilih akan mendapatkan keuntungan dari program ini. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari program ini.

1. Penciptaan dan pengujian solusi dengan dukungan Visa untuk menghasilkan dampak maksimal dan pendanaan bebas ekuitas hingga 50.000 dollar AS, yang berfokus pada pengembangan Proof-of-Concept (POC) yang efisien.

2. Akses dan kemitraan dengan pengenalan ke jaringan global Visa, dan kemitraan yang disesuaikan dengan peluang komersialisasi setelah program berakhir.

3. Bimbingan eksklusif dari sponsor Visa yang berdedikasi dan tim kerja POC untuk membuka peluang dan mendukung startup, serta mengakses jaringan mentor Plug and Play yang terkenal untuk mempercepat pertumbuhan.

4. Skalabilitas bisnis dengan proyek percontohan lanjutan, perjanjian komersial, kreasi bersama, dan bahkan potensi pendanaan untuk POC yang sukses di seluruh Asia Pasifik, serta diakui di panggung global sebagai startup elit.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Daftar Startup dan Perusahaan Teknologi yang Gulung Tikar di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com