Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji UMR Manado 2024 dan Daerah Lain se-Sulut

Kompas.com - 10/02/2024, 16:22 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, sudah menetapkan upah minimum kabupaten/kota atau UMR Manado 2024 sebesar Rp 3.590.000.

UMR Manado 2024 ini mengalami kenaikan tipis 1,7 persen atau setara dengan Rp 60.000 dibandingkan upah minimum pada tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp 3.545.000.

Untuk diketahui saja, penetapan UMR Kota Manado ini menyesuaikan dengan upah minimum provinsi (UMP) yang ditetapkan Gubernur Sulut.

Penetapan UMK Manado 2024 dan daerah lain di Sulut ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Dalam regulasi tersebut, gubernur dapat menetapkan upah minimum kabupaten/kota berdasarkan pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan indeks tertentu.

Baca juga: Gaji UMR Pontianak 2024 dan Seluruh Kalimantan Barat

UMR Manado ini juga berpedoman pada Surat Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor : B-M/243/HI.01.00/XI/2023 tanggal 15 November 2023 hal Penyampaian Informasi Tata Cara Penetapan Upah Minimum Tahun 2024 serta Data Kondisi Ekonomi dan Ketenagakerjaan untuk Penetapan Upah Minimum Tahun 2024.

UMR atau upah minimum sendiri regional merupakan penyebutan upah minimum di suatu provinsi dan kabupaten.

Namun saat ini, istilah UMR sudah digantikan dengan UMP (upah minimum provinsi) dan UMK (upah minimum kabupaten kota). Meski hingga kini banyak masyarakat yang masih menyebutnya dengan UMR ketimbang UMK.

UMR Manado 2024 sama dengan UMP Sulut.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG UMR Manado 2024 sama dengan UMP Sulut.

Penetapan UMR Manado 2024

Penetapan gaji UMR Manado 2024 ini merupakan keputusan bersama dalam tripartit antara Pemprov Sulut, pengusaha, akademisi, dan perwakilan serikat buruh.

Usulan upah itu kemudian dibahas oleh Dewan Pengupahan, sebelum kemudian diajukan oleh Wali Kota Manado dan disahkan oleh Gubernur Sulut.

Baca juga: Info Gaji UMR Wonogiri 2024, Terendah Kedua di Jateng

Penetapan UMR Manado 2024 juga memperhatikan inflasi provinsi, pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota, serta nilai alfa. Penentuan nilai alfa mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata atau median upah.

Data yang digunakan dalam penghitungan penyesuaian nilai upah minimum serta menggunakan data dari lembaga berwenang seperti Badan Pusat Statistik (BPS).

Ketentuan UMK Manado 2024 ini hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Pemerintah menetapkan UMK, untuk melindungi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun, agar tidak dibayar di bawah upah yang telah ditetapkan. Perusahaan yang melanggar, bisa dikenai sanksi.

Bagi pekerja atau buruh yang sudah bekerja lebih dari satu tahun, upahnya berpedoman pada struktur skala upah atau bisa saja lebih tinggi dari ketetapan gaji UMR Manado 2024.

Baca juga: Gaji UMK Karanganyar 2024, Tertinggi di Solo Raya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com