Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Whoosh yang Memakai Kendaraan "Online" Diimbau Menunggu di Area Stasiun

Kompas.com - 19/02/2024, 12:37 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Penumpang kereta cepat Whoosh atau kereta cepat Jakarta Bandung yang menggunakan kendaraan online di Stasiun Tegalluar diimbau untuk menunggu di area stasiun.

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), telah berkolaborasi dengan berbagai penyedia jasa angkutan umum untuk menghadirkan layanan intermoda, dengan tujuan Stasiun Tegalluar semakin mudah diakses.

Penumpang kereta cepat Whoosh yang akan naik turun di Stasiun Tegalluar, bisa memanfaatkan berbagai moda transportasi seperti shuttle, bus, maupun taksi.

Saat ini telah tersedia layanan shuttle Damri, dengan rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Bandung, Bus Summarecon dengan rute Stasiun Tegalluar-Summarecon Mall Bandung, serta taksi Blue Bird yang bisa diakses dari area pick up stasiun.

Baca juga: Cara Refund Tiket Kereta Cepat Whoosh

Selain itu, penumpang kereta cepat Jakarta Bandung diiimbau menggunakan area pick up di stasiun, sehingga dapat terpantau dan dibantu oleh petugas saat naik dan turun kendaraan. Semua petugas dipastikan selalu berjaga dan siap membantu penumpang yang akan berangkat maupun meninggalkan Stasiun Whoosh.

Untuk memudahkan penumpang, telah tersedia rambu-rambu penunjang untuk membantu penumpang menuju layanan intermoda yang tersedia.

Untuk meningkatkan keamanan penumpang di area stasiun, KCIC juga telah berkolaborasi dengan TNI/Polri serta memperkuat sistem pengamanan melalui pemasangan CCTV.

Baca juga: KCIC Tambah 8 Jadwal Perjalanan Kereta Cepat Whoosh pada 8 Februari

Saat ini telah terpasang sebanyak 1.396 CCTV di sepanjang jalur KA dan stasiun sebagai bagian yang terintegrasi dalam sistem pengendalian operasi (OCC), untuk memastikan keamanan perjalanan Whoosh termasuk pemantauan pelayanan dan security penumpang selama berada di area stasiun.

Tidak hanya itu, patroli juga rutin dilakukan oleh petugas keamanan dari Stasiun Tegalluar hingga ke Stadion GBLA pada pukul 18.00-22.00 WIB.

Meski berbagai keamanan telah disiagakan, penumpang tetap diminta untuk berhati-hati dan waspada saat menggunakan transportasi umum.

Bagi penumpang yang menggunakan moda kendaraan online, pastikan memesan secara resmi melalui aplikasi. Sebelum naik, cek nomor kendaraan dan nama pengemudi sesuai dengan yang tertera di aplikasi.

Baca juga: Jadwal Kereta Cepat Whoosh Tahun 2024 dari Tegalluar ke Halim

KCIC juga tengah memfinalkan kerjasama dengan penyedia operator moda online untuk memberikan ruang tunggu khusus bagi kendaraan online di area drop zone stasiun kereta cepat Whoosh.

Hal ini untuk mempermudah penumpang kereta cepat Whoosh yang baru tiba untuk mendapatkan angkutan lanjutannya.

Selain melalui intermoda tersebut, untuk menuju Stasiun Tegalluar, penumpang dapat menggunakan Jl. Soekarno-Hatta, jembatan Cibiru Hilir, exit tol Buah Batu, exit tol Cileunyi, exit tol Km 149, dan ke depannya akses tol Km 151 A dan Km 151 B yang saat ini masih dalam proses pembangunan, serta exit tol Km 149 yang saat ini sedang ditutup sementara karena dalam perbaikan oleh Jasa Marga.

Baca juga: Jadwal Kereta Cepat Whoosh Tahun 2024 dari Halim ke Tegalluar

Perlu digarisbawahi, layanan intermoda ini tidak hanya tersedia di Stasiun Tegalluar saja, tapi di semua stasiun Whoosh.

 

Di Padalarang telah tersedia kereta api ((KA) Feeder, Bus Trans Metro Pasundan, shuttle menuju Kota Baru Parahyangan, dan taksi Blue Bird. Sementara itu di Stasiun Halim, tersedia LRT Jabodebek, DAMRI menuju Bandara Soekarno Hatta, Bus Transjakarta, dan taksi Blue Bird.

Saat ini Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sedang melakukan proses finalisasi pekerjaan untuk membuka akses tol baru menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim tepatnya di Km 1+842 A Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Rombongan via WhatsApp

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com