Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Memulai Investasi untuk Pemula dari BEI

Kompas.com - 26/02/2024, 11:27 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi adalah salah satu cara mengumpulkan kekayaan dan mencapai kemerdekaan finansial. Investasi kini semakin populer di kalangan anak muda, namun demikian tak sedikit yang masih belum paham cara investasi.

Senior Spesialis Divisi Pengembangan Pasar PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Kemas Rumaiyar menjelaskan kenapa harus menjadi investor.

"Buat banyak orang pasti mengatakan, saya ingin kaya, mobil keren, atau terserah apapun itu. Kalau buat saya, saya ingin pensiun nyaman," kata Kemas dalam program literasi keuangan PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) dan Yayasan Puteri Indonesia yang diadakan di BEI, Senin (26/2/2024).

Baca juga: Simak, Tips Memaksimalkan Investasi Jangka Panjang agar Cuan

Ilustrasi investasi, investasi saham. SHUTTERSTOCK/SUTTHIPHONG CHANDAENG Ilustrasi investasi, investasi saham.

Kemas menyatakan, dengan memulai dari beberapa alasan tersebut, Anda akan memiliki motivasi untuk mulai berinvestasi.

Kemas menjelaskan pula bahwa investasi lebih baik daripada menabung, karena dana yang ditabung pada akhirnya akan tergerus inflasi.

“Karena kalau kita nabung, apakah kita akan untung? Tidak karena dipotong biaya bulanan dan juga kalah akan investasi,” ujarnya.

Selain itu, Kemas juga mengungkapkan, investasi haruslah menggunakan uang yang menganggur. Jangan gunakan uang dapur alias uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Tips Memilih Instrumen Investasi agar Terhindar dari Kerugian

Lalu, bagaimana cara mengalokasikan dana untuk investasi?

“Gunakan formasi sederhana, 4-4-2. Pisahkan kebutuhan hidup 4 persen, utang 4 persen, lalu sisanya bisa digunakan untuk uang nganggur,” jelas Kemas.

Dengan beberapa tips tersebut diharapkan akan semakin banyak orang yang melek literasi keuangan dan mulai berinvestasi di Indonesia, termasuk di pasar modal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com