Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Groundbreaking" Kelima di IKN Dilaksanakan Pekan Ini, Ada Kantor Bank Mandiri dan BRI

Kompas.com - 26/02/2024, 13:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kantor bank masuk dalam daftar proyek yang akan dilakukan peletakan batu pertama pada groundbreaking tahap kelima di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan dilakukan pada 29 Februari dan 1 Maret 2024.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan, groundbreaking kelima ini mayoritas dilakukan perusahaan atau instansi yang akan memulai pembangunan kantor di IKN berasal dari sektor jasa keuangan.

Di antaranya ada dua bank BUMN seperti Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kemudian Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga masuk dalam daftar proyek yang akan dilakukan groundbreaking IKN tahap kelima.

Baca juga: Kamis-Jumat Pekan Ini, Groundbreaking Kelima IKN Dilaksanakan

Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara Kementerian PUPR Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara
"Minggu ini akan ada groundbreaking tahap lima ya, hari Kamis dan Jumat. Yang kelima akan ada groundbreaking untuk bank, ada Bank Mandiri, Bank BRI, kemudian sektor keuangan, BPJS, dan sebagainya," ujarnya saat acara seminar Pembiayaan dan Kesiapan Infrastruktur IKN di Hotel ShangriLa, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Dia mengungkapkan, selain sektor jasa keuangan, pada tahap kelima ini rencananya juga akan dilakukan groundbreaking dari sektor telekomunikasi.

Sebelumnya, dikutip dari laman OIKN, sebanyak 23 investor dari dalam negeri telah melaksanakan groundbreaking di IKN dengan investasi non-APBN dengan nilai sekitar Rp 41,4 triliun.

Groundbreaking tahap 1 yang dilaksanakan 21 dan 22 September 2023 nilai investasinya sebesar Rp 23,1 triliun. 

Baca juga: Djarum dan Wings Group Bakal Garap Botanical Garden di IKN, Groundbreaking 1 hingga 2 Bulan Lagi

Pada tahap 1, sejumlah investor telah memulai pembangunannya mulai dari mall, hotel, perkantoran, serta ruang terbuka hijau yang dipimpin oleh investor tergabung dalam Konsorsium Nusantara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com