Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak Profitabilitas, KB Bukopin Lakukan Berbagai Transformasi Ini

Kompas.com - 27/02/2024, 13:13 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank KB Bukopin Tbk (Perseroan) melakukan sejumlah inovasi dan transformasi dengan dukungan dari KB Financial Group (KBFG).

Bank KB Bukupin melakukan sejumlah transformasi sebagai fondasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, pada 2023 perseroan telah melakukan right issue.

"Pemegang saham pengendali KBFG melalui KB Kookmin Bank turut melaksanakan haknya dengan menyuntikan modal sebesar Rp 8 triliun dari total Rp 12 triliun yang berhasil dikumpulkan, untuk memperkuat permodalan perseroan," kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Ini Sederet Kelebihan KBstar, Mobile Banking Serbabisa dari Bank KB Bukopin

Ia menjelaskan, dengan struktur permodalan yang lebih stabil, KB Bukopin mendorong pertumbuhan lewat ekspansi bisnis dan investasi pada teknologi informasi.

SHINE Project merupakan inisiatif pengembangan teknologi untuk sistem core banking yang lebih efisien dengan mengadopsi teknologi mutakhir Next Generation Banking System (NGBS) dari KBFG.

Hasil pertama dari SHINE Project ini adalah aplikasi digital banking bernama KBstar yang telah diluncurkan September 2023 lalu.

Transformasi yang dijalankan KB Bukopin tidak hanya tentang pengembangan teknologi, tetapi juga meliputi peningkatan budaya kerja dan pengembangan SDM yang berfokus pada keunggulan layanan.

Dengan dukungan dari KBFG, perjalanan transformasi KB Bukopin sejak 2021 telah membuka peluang baru dalam kerja sama dan sinergi bisnis, terutama dengan entitas bisnis Korea Selatan di Indonesia, melalui inisiatif Korean Link Business.

"Dalam perjalanan transformasi ini, KB Bukopin telah melihat peningkatan signifikan dalam kualitas aset dan ekspansi kredit," sebut dia.

Tahun ini menandai fase penting, pasalnya KB Bukopin menargetkan pencapaian kinerja profitabilitas yang positif, didukung oleh rebranding dan penguatan fundamental bisnis.

"Kami berharap langkah-langkah transformasi ini tidak hanya memperkuat posisi Bank KB Bukopin di pasar keuangan Indonesia tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk menjadi bank yang lebih responsif, inovatif, dan dicintai oleh masyarakat,” kata Robby.

Baca juga: KB Kookmin Suntik Dana Rp 8 Triliun dalam Right Issue Bank KB Bukopin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com