Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kian Menguat, Harga Bitcoin Hampir Tembus Rp 1 Miliar

Kompas.com - 01/03/2024, 20:14 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren kenaikan harga Bitcoin masih berlanjut. Bahkan, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu kian mendekati Rp 1 miliar per keping.

Mengacu kepada CoinMarketCap, harga Bitcoin pada Jumat (1/4/2024), bergerak pada kisaran Rp 975 juta. Posisi itu menguat sekitar 21 persen dalam kurun waktu sepekan terakhir, dan telah menguat 47 persen dalam kurun waktu satu bulan.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, masih berlanjutnya penguatan Bitcoin tidak terlepas dari sentimen halving day. Lewat momen 4 tahunan sekali itu, imbalan (reward) mining satu blok Bitcoin akan dibagi dua setiap 210.000 blok hingga mencapai batas maksimum 21 juta.

Baca juga: Harga Bitcoin dan Ethereum Diprediksi Lanjutkan Penguatan Bulan Ini

"Saya percaya bahwa halving day diindikasi dengan kenaikan harga. Hal ini disebabkan oleh terganggunya pasokan Bitcoin, yang mengakibatkan peningkatan permintaan dan, menaikkan harga," tutur dia dalam keterangannya, Jumat.

Walaupun sudah menguat signifikan, momentum bullish Bitcoin dinilai Oscar masih berpotensi berlanjut. Menurutnya, ketika halving terjadi akan terjadi penyesuaian harga aset digital dengan kode BTC itu.

"Kemungkinan, di tahun ini kenaikan harganya bisa mencapai dua kali lipat maupun lebih," katanya.

Baca juga: Ini 2 Faktor yang Buat Harga Bitcoin To The Moon Dekati Rp 1 Miliar Per Koin

Melihat potensi tersebut, Oscar menyarankan kepada investor kripto untuk menggunakan metode dollar cost averaging. Lewat metode ini, investor direkomendasikan untuk berinvestasi lebih rutin dengan dana yang tetap.

"Dengan mengimplementasi teknik DCA ini, dapat membantu para investor untuk mendapatkan harga Bitcoin yang terbaik," ujarnya.

“Melalui fitur ini membantu para investor untuk berinvestasi dengan jumlah yang sama secara rutin, baik bulanan maupun mingguan,” sambung Oscar.

Baca juga: Penguatan Berlanjut, Harga Bitcoin Tembus Level Rp 782 Juta

Lebih lanjut ia menyebutkan, sikap masyarakat Indonesia dalam menyambut halving day kali ini sangat baik. Hal ini merupakan salah satu efek dari literasi mengenai kripto yang mulai masif.

"Biasanya orang-orang akan beli Bitcoin pada saat momen tuh halving-nya. Namun sekarang, orang-orang sudah mulai membeli Bitcoin pada saat sebelum halving," tutur Oscar.

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti Tirta Karma Senjaya menyebutkan, menjelang halving day, berbagai sentimen berpengaruh mewarnai pergerakan harga Bitcoin. Terlebih, aset kripto ini telah mendapatkan pengakuan secara global.

Baca juga: Jelang Halving Day, Bitcoin Dinilai Bergerak Lebih Stabil

Maka dari itu Tirta menegaskan, literasi masyarakat mengenai aset kripto ini harus tetap ditingkatkan.

“Penting untuk kita sebagai regulator, pelaku usaha, hingga asosiasi berkomitmen untuk meningkatkan pemahaman mengenai industri kripto, blockchain, dan web 3. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi yang matang dan merata kepada masyarakat Indonesia,” ucap Tirta.

Baca juga: SEC Akhirnya Setujui ETF Bitcoin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com