Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaib Hadirkan Fitur Jual Beli Obligasi Kapan Saja, Kupon Bisa Cair Tiap Hari

Kompas.com - 06/03/2024, 11:32 WIB
Kiki Safitri,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform investasi Ajaib meluncurkan layanan jual beli obligasi kapan saja dalam aplikasi Ajaib.

Fitur investasi obligasi ini menawarkan berbagai pilihan obligasi termasuk FR0077 dengan tingkat kupon 8,125 persen dan FR0080 dengan tingkat kupon 7,5 persen.

Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Juliana mengatakan, fitur ini menghadirkan akrual kupon yang dihasilkan setiap hari, atau yang disebut fitur daily coupon accrual, sehingga investor tidak perlu menunggu sampai dengan enam bulan untuk menerima kupon.

Baca juga: BI Beri Sinyal Turunkan Suku Bunga, Obligasi Menarik Dilirik?

Ilustrasi investasi. PIXABAY Ilustrasi investasi.

“Investor juga dapat melakukan jual beli obligasi kapan pun, dimana pun, tanpa perlu menunggu sampai masa jatuh tempo. Sebagai salah satu inovasi kami mendukung nasabah, Ajaib meluncurkan layanan jual beli obligasi kapan saja, termasuk di luar jam bursa,” kata Juliana di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Juliana mengatakan, lewat fitur akrual kupon setiap hari, investor tidak perlu menunggu selama enam bulan untuk menerima kupon.

Dengan begitu, investor dapat memaksimalkan potensi keuntungan investasi melalui trading serta berkesempatan untuk pendapatan tambahan dari kupon obligasi.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih mengatakan, rencana pemangkasan suku bunga The Fed pada semester II 2024 berpotensi menurunkan imbal hasil obligasi AS atau yield US Treasury dan mendongkrak harga obligasi. 

Baca juga: Penurunan Suku Bunga Bakal Bikin Pasar Obligasi Lebih Menarik

Yield US Treasury tenor 10 tahun saat ini berada di level 4,23 persen lebih rendah dari puncaknya di tahun 2023 sebesar 5 persen yang menjadi level tertinggi sejak krisis subprime mortgage di tahun 2007.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com