Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menabung Emas dengan Gaji UMR

Kompas.com - 07/03/2024, 11:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat sudah mulai memiliki kesadaran, investasi tidak selalu dimulai dengan dana yang besar.

Investasi pada instrumen emas dinilai dapat dimulai dari dana yang minim.

Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman mengatakan, setiap orang memiliki peluang yang sama dalam menabung emas, bahkan dengan gaji upah minimum regional (UMR).

"Sebagai primadona investasi, emas memang memiliki sejumlah keunggulan yang cocok bagi para investor, baik pemula maupun berpengalaman," ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (6/3/2024).

Ia menambahkan, instrumen emas cenderung memimiliki nilai yang meningkat, tingkat likuiditas yang baik, dan harganya yang terjangkau.

"Emas bisa menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan investasi yang lebih aman dan stabil," imbuh dia.

Baca juga: 6 Langkah Menabung Emas meski Gaji UMR

Lantas bagaimana cara menabung emas dengan dana minim, bahkan dengan gaji UMR? Berikut ini adalah 5 strategi menabung emas yang dapat diperhatikan masyarakat.

1. Mulai dari Sekarang

Walau keinginan untuk berinvestasi seringkali muncul, tetapi karena kebutuhan konsumtif lainnya, sebagian orang kerap menunda untuk memulainya.

Padahal dalam berinvestasi, waktu memegang peranan yang sangat penting. Semakin cepat dalam memulai investasi, maka semakin ringan pula perjalanan dalam mencapai tujuan finansial di masa depan.

Tak hanya itu, berinvestasi sejak dini di usia muda juga memiliki risiko yang relatif lebih kecil karena tanggung jawab finansial yang masih lebih rendah.

2. Mengatur Alokasi Dana

Ketika sudah mengambil keputusan untuk berinvestasi, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung pemasukan.

Setelah itu, periksa seluruh pengeluaran agar dapat memastikan jumlahnya tidak lebih besar daripada pendapatan. Dengan begitu, alokasi dana untuk investasi juga bisa disiapkan tanpa mengganggu kebutuhan pokok sehari-hari.

Ketika ada biaya konsumtif yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan keinginan semata, bisa ikut dialihkan dan ditambahkan sebagai modal investasi.

Masukkan alokasi dana investasi ke dalam pos pengeluaran rutin, sehingga langsung mengurangi penghasilan setiap bulannya.

Baca juga: Emas Digital Makin Digemari, Volume Transaksinya Meningkat Pesat

 


3. Melakukan secara Rutin dan Konsisten

Bagi para investor pemula dengan modal minim, menabung emas digital bisa menjadi strategi tepat untuk berinvestasi karena dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Jumlah yang kecil tak menjadi masalah, selama investasi terus dilakukan secara teratur dan konsisten.

Tips berikutnya, jangan lupa menentukan waktu dan tujuan investasi, baik jangka pendek maupun panjang, seperti dana pendidikan anak atau dana pensiun di hari tua dengan rentang waktu menabung yang tentunya menjadi lebih panjang. Dengan memahami tujuan, investasi akan menjadi lebih terarah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com