Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Jalur KA Gunung Megang-Penanggiran Masih Berlangsung, KAI Batalkan Perjalanan KA Sindang Marga

Kompas.com - 07/03/2024, 21:53 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI membatalkan perjalanan kereta api (KA) Sindang Marga relasi Kertapati - Lubuklinggau dan Lubuklinggau - Kertapati pada hari ini, Kamis (7/3/2024). 

Pembatalan ini imbas jatuhnya balok girder dalam pembangunan flyover Bantaian di Muara Enim, Sumatera Selatan sekitar pukul 11.00 WIB.

Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti mengatakan, kecelakaan itu membuat jalur kereta api Gunung Megang-Penanggiran menjadi terhalang sehingga PT KAI perlu melakukan evakuasi agar jalur dapat dilalui kereta kembali.

Baca juga: Balok Grider Flyover di Muara Enim Jatuh dan Timpa Kereta, KAI Evakuasi Jalur

Evakuasi kereta babaranjang yang tertimpa balok girder pembangunan flyover bentaian di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2024).Dokumentasi Warga Evakuasi kereta babaranjang yang tertimpa balok girder pembangunan flyover bentaian di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2024).

"Saat ini jalur KA masih dalam proses evakuasi dan tidak dapat dilalui akibat kejadian tersebut, KA Sindang Marga malam ini dibatalkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis.

Dia belum dapat memastikan apakah pembatalan perjalanan KA Sindang Marga akan berlangsung sampai besok, Jumat (8/3/2024). Yang jelas, PT KAI akan berupaya menyelesaikan proses evakuasi jalur secepatnya.

"Evakuasi sedang diupayakan secepatnya. Untuk operasional KA penumpang besok akan kami update lagi," ucapnya saat dikonfirmasi Kompas.com lebih lanjut.

Dia menyebut, PT KAI telah memberitahukan informasi mengenai pembatalan perjalanan kepada para penumpang KA Sindang Marga yang terdampak melalui pesan WhatsApp.

Baca juga: Kementerian BUMN Rombak Komisaris dan Direksi PT KAI

Bagi penumpang yang memiliki tiket diberikan pengembalian tiket 100 persen, dapat diambil di stasiun keberangkatan Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat dan Lubuklinggau sampai 7 hari ke depan.

"Para calon pelanggan yang mengalami dampak gangguan operasional ini telah diberitahukan adanya perubahan pola operasi tersebut melalui whatsapp blast," tuturnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com