Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Ekonomi Syariah dan Industri Halal, Pengusaha Muda Bentuk Hipmi Syariah

Kompas.com - 08/03/2024, 12:30 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) secara khusus membentuk Badan Otonom Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Syariah (Banom Hipmi Syariah) di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Hal itu dilakukan demi mempercepat pengembangan ekonomi syariah dan industri halal di Tanah Air, sesuai amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua Umum Banom Hipmi Syariah 2022-2025 TB Iman Taufik mengatakan, Hipmi Syariah akan berperan aktif dalam berbagai upaya pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, di antaranya melalui program syariahpreneur.

Hipmi Syariah, lanjutnya, juga berperan sebagai wadah bagi para pengusaha muda yang memiliki visi untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah.

Baca juga: Presiden Jokowi Targetkan RI Jadi Pusat Industri Halal Dunia pada 2024

"Salah satu fokus utamanya adalah mendukung pertumbuhan industri halal sebagai bagian integral dari ekonomi syariah," kata Iman melalui keterangannya, Jumat (8/3/2024).

"Kami juga siap menjembatani dan memberi solusi bagi para pengusaha muda yang membutuhkan networking dengan berbagai stakeholder bisnis," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hipmi Syariah juga akan membahas dan mensosialisasikan Master Plan Industri Halal Indonesia (MPIHI) yang menjadi panduan strategis pengembangan industri halal di Indonesia.

Baca juga: Kemenperin Optimis RI Bisa Jadi Pusat Produksi Halal Dunia di 2024

Indonesia pusat industri halal dunia 2024

Ketua Umum BPP Hipmi Akbar Himawan Buchari menambahkan, pembentukan Hipmi Syariah merupakan upaya untuk mewujudkan dan mengakselerasi visi Presiden Joko Widodo dalam pengembangan ekonomi syariah dan menjadikan Indonesia sebagai pusat halal terkemuka di dunia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sendiri pada saat menghadiri Kongres Ekonomi Umat ke-2 Majelis Ulama Indonesia, pada 10 Desember 2021 di Jakarta, telah mencanangkan Indonesia pada 2024 sebagai pusat industri halal di dunia.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyatakan akan mendorong pengembangan industri halal, keuangan syariah, pasar syariah, hingga kewirausahaan syariah di Indonesia.

"Semuanya akan kita dorong karena memang kita ini adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," kata Presiden Jokowi saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com