Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Minta Ketersediaan Kebutuhan Pokok Terjamin hingga Lebaran

Kompas.com - 08/03/2024, 17:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengatakan, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan lebih awal waktunya jauh sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Ini khususnya harga beras karena ada pengaruh El Nino.

Untuk itu ia, meminta kepastian dari stakeholder terkait agar ketersediaannya tetap ada sampai dengan Lebaran, karena pasti kebutuhannya akan meningkat.

Baca juga: Daftar Harga Bahan Pokok Jumat 8 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Salah satu pedagang sayur di Pasar Besar, Kota Malang beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/ Nugraha Perdana Salah satu pedagang sayur di Pasar Besar, Kota Malang beberapa waktu lalu.

“Beberapa waktu yang akan datang, sekitar bulan Maret akan ada panen raya, tetapi apakah panen raya itu mampu menyediakan kebutuhan konsumsi atau tidak itu yang menjadi pertanyaan. Saya agak ragu. Karena ketersediaan lahan yang kita punya juga sudah banyak berkurang. Belum lagi kemarin itu terjadi El Nino, pasti akan berkurang banyak hasil panennya. Hal ini harus bisa diantisipasi oleh negara," ujar Anggia dalam keterangannya, saat peninjauan dan pemantauan stok dan harga komoditas pangan strategis di Pasar Modern BSD, Tangerang, Jumat (8/3/2024).

Menurut dia, rekomendasi yang akan disampaikan oleh Komisi IV DPR dalam agenda rapat kerja ke depan adalah membantu pemerintah dalam memberi solusi yang tepat untuk menangani persoalan yang ada.

Sehingga, tidak hanya meringankan atau menutupi kebutuhan yang sifatnya sesaat.

“Sementara kita punya lahan yang banyak yang seharusnya bisa digunakan. Benih atau bibit itu harus mencukupi dan berkualitas agar hasil produksnya juga bagus," ujar Anggia.

Baca juga: Mendagri Wanti-wanti Kelangkaan Bahan Pokok Selama Ramadhan

Dia menjelaskan, intervensi yang modern juga harus terus dikembangkan. Menurut dia, harus ada proteksi lahan pertanian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com