Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Zulhas Klaim Harga Bahan Pokok Stabil dan Pasokan Lancar

Kompas.com - 26/12/2023, 14:42 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin harga bahan pokok (bapok) stabil dan pasokan lancar pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Untuk itu, Zulhas menyatakan bakal terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan kelancaran pasokan bahan pokok, sehingga perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan dengan khidmat.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, pemerintah menjamin harga dan pasokan bahan pokok terkendali sehingga inflasi tetap terjaga sesuai target,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Daftar Bahan Pokok yang Kenaikan Harganya Bikin Rakyat Menjerit 

Kondisi aktivitas berbelanja di Los Pasar Legi Kota Solo Jawa Tengah (Jateng).KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Kondisi aktivitas berbelanja di Los Pasar Legi Kota Solo Jawa Tengah (Jateng).
Menurut Zulhas, periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menjadi tonggak terjaganya stabilitas pasokan dan harga barang kebutuhan pokok sepanjang 2023.

Pasalnya, inflasi secara tahun kalender (berjalan) atau pada November tercatat sebesar 2,19 persen.

“Artinya terkendali dan masih dalam sasaran inflasi 2 sampai 4 persen. Sedangkan pada tahun sebelumnya tercatat sebesar 2,86 persen,” lanjutnya.

Kemendag juga secara periodik terus melakukan pemantauan harga dan pasokan melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP).

Baca juga: Tinjau Pasar Pagi di Batam Jelang Akhir Tahun, Mendag Zulhas: Harga Bahan Pokok Stabil

Pantauan harga pangan

Berdasarkan hasil pantauan 679 pasar di 503 kabupaten/kota, Jumat (22/12/2023), secara umum harga bahan pokok dibanding seminggu lalu cenderung stabil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com