Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Besok, Ini Tahapan Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024

Kompas.com - 09/03/2024, 14:41 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama )Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah pada besok, Minggu 10 Maret 2024.

Dilansir dari laman resmi, sidang isbat akan berlangsung di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat penetapan awal Ramadhan tahun ini akan digelar secara daring dan luring.

Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com pada 21 Februari 2024.

 Baca juga: Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan Digelar 10 Maret, Ini Tahapannya

Tahapan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 2024

Pelaksanaan sidang isbat penetapan awal Ramadhan 2024 Masehi akan dibagi menjadi tiga tahap.

Tahap pertama, akan dilakukan pemaparan posisi hilal awal Ramadan berdasarkan hasil hisab  atau perhitungan astronomi.

Pemaparan tersebut dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mulai pukul 17.00 WIB. Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di channel Youtube Bimas Islam.

Selanjutnya, tahap kedua akan digelar secara tertutup setelah shalat maghrib, dengan agenda sidang isbat penetapan awal Ramadan 1445 Hijriah.

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Ini Daftar 134 Titik Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 2024

Tahap ketiga atau terakhir, Kemenag akan melakukan pengumuman melalui konferensi pers hasil sidang isbat yang menetapkan jatuhnya awal Ramadhan 2024.

Hasil sidang isbat penentuan awal Ramadhan ini juga akan disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Dituliskan, sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," pungkas Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag Adib.

Baca juga: Sudah Dirilis, Ini Rangkaian Rencana Perjalanan Haji Indonesia 2024

Baca juga: Simak, Ini Rencana Perjalanan Ibadah Haji 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com