Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang LRT Jabodebek Tembus 7 Juta Orang Sejak Beroperasi

Kompas.com - 10/03/2024, 18:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Jabodebek telah melayani 7.253.325 pengguna sejak beroperasi lebih dari enam bulan lalu.

Bahkan, pada tiga bulan terakhir jumlah penumpang LRT Jabodebek terus mengalami pertumbuhan. Hal ini menunjukkan minat dan antusiasme masyarakat menggunakan LRT Jabodebek semakin meningkat.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mencatat, jumlah pengguna LRT sejak bulan Desember 2023 terus meningkat setiap bulan. Bahkan pada bulan Maret, rata-rata harian pengguna LRT Jabodebek pada hari kerja (weekday) mencapai 59.000 penumpang.

Baca juga: Biskita Trans Bekasi Patriot Resmi Beroperasi, Terintegrasi dengan KRL dan LRT

LRT Jabodebek.Dok. KAI LRT Jabodebek.
"Pertumbuhan jumlah pengguna yang positif pada 3 bulan terakhir selain dipengaruhi peningkatan kualitas layanan LRT Jabodebek, juga tak lepas dari dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang menerapkan tarif promo untuk para pengguna LRT Jabodebek," kata dia dalam keterangan resmi, Minggu (10/3/2024).

Sebagai catatan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub) telah memberlakukan tarif promo sebesar Rp 3.000 untuk tarif minimal dan Rp 20.000 untuk tarif maksimal pada jam sibuk (peak hour) serta Rp 10.000 di luar jam sibuk (off peak hour) mulai 1 Desember 2023.

"Promo tarif tersebut masih akan terus diperpanjang hingga 31 Maret 2024," imbuh dia.

Dukungan juga diberikan oleh pemerintah daerah setempat dengan menghadirkan layanan moda transportasi yang terintegrasi dengan LRT Jabodebek, seperti Biskita Trans Patriot Bekasi yang diresmikan oleh Menhub pada 3 Maret 2024 lalu.

Baca juga: LRT Jabodebek Tambah 2 Trainset Mulai Hari Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com