Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Batas Waktu Lapor SPT Kian Dekat, Ini Imbauan Ditjen Pajak | Kena Banjir, Stasiun Semarang Tawang Tak Layani Penumpang

Kompas.com - 15/03/2024, 05:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

1. Batas Waktu Lapor SPT Kian Dekat, Ditjen Pajak: Kami Mengimbau agar Segera Melaporkan

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) mengimbau kepada para wajib pajak (WP) untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan 2023, seiring dengan batas waktu lapor yang kian dekat.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Dwi Astuti melaporkan, pihaknya telah menerima 7,48 juta laporan SPT Tahunan 2023 sampai dengan 12 Maret lalu.

"Atau tumbuh sebesar 1,83 persen secara year on year," kata dia, dalam keterangannya, dikutip Kamis (14/3/2024).

Dwi memerinci, jumlah tersebut terdiri dari laporan tersebut terdiri dari 226.670 SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) badan dan 7,25 juta SPT Tahunan PPh orang pribadi. Sebagai informasi, periode pembayaran dan pelaporan SPT Tahunan tentu memiliki masa waktu tenggang.

Adapun batas lapor SPT untuk wajib pajak orang pribadi adalah 31 Maret 2024, sedangkan untuk pelaporan wajib pajak badan akan ditutup pada 30 April 2024.

Dengan semakin dekatnya batas waktu pelaporan, khususnya bagi WP orang pribadi, Dwi mengimbau kepada WP untuk segera menjalankan kewajibannya.

Selengkapnya klik di sini.

2. Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama Berbasis Koperasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meresmikan pabrik minyak makan merah di Merbau, Deli Serang, Kamis (14/3/2024).

Jokowi mengatakan, dengan adanya pabrik yang memiliki kapasitas produksi sawit mentah atau CPO sebesar 10 ton per hari dan menghasilkan minyak makan merah sebesar 7 ton, bisa menggerakan perekonomian masyarakat setempat khususnya para petani kelapa sawit di kawasan Pagar Merbau.

"Dengan adanya pabrik minyak makan merah ini bisa memberikan nilai tambah ekonomi pada petani sawit khususnya berbasis koperasi di wilayah ini. Jadi tidak ada harga tandan buah sawit yang jatuh karena produknya diserap untuk minyak makan merah," ujarnya saat peresmian pabrik minyak makan merah di Merbau, Deli Serang, Kamis (14/3/2024).

Di sisi lain Jokowi bilang dengan adanya pabrik ini mendorong petani sawit untuk tidak menjual CPO-nya lantaran bisa diolah sendiri untuk dijadikan minyak makan merah.

"Jangan jual CPO kalau bisa jadikan sebagai barang jadi kayak gini," kata Jokowi.

Selengkapnya klik di sini.

3. Imbas Banjir, Stasiun Semarang Tawang Tidak Layani Penumpang

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Tbk untuk sementara tidak mengoperasikan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng untuk melayani naik dan turun penumpang imbas banjir di Semarang, Jawa Tengah.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji mengatakan, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng tidak melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com