BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan FWD Insurance

Begini Cara Asuransi Masa Kini Jawab Kebutuhan Gen Z

Kompas.com - 18/03/2024, 16:39 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Generasi Z atau gen Z dikenal sebagai digital native. Sejak kecil, generasi yang lahir pada 1997-2012 ini sudah berdampingan dengan teknologi digital, internet, dan perangkat seluler.

Kondisi tersebut pun memengaruhi cara gen Z dalam mengambil keputusan. Dilansir dari berbagai sumber, gen Z cenderung selektif dalam memutuskan sesuatu, termasuk saat membeli barang atau menggunakan layanan.

Mereka akan membandingkan informasi tentang produk, harga, dan ulasan konsumen lain sebelum membuat membeli produk atau layanan melalui gadget. Karena itu, gen Z memiliki kecenderungan sebagai pembeli yang rasional, bukan impulsif.

Sebagian besar gen Z baru memutuskan membeli produk jika merasa betul-betul membutuhkan. Gen Z juga memilih produk atau layanan yang mempunyai kesamaan nilai dengan mereka, misalnya ramah lingkungan dan kesetaraan.

Begitu juga dalam memilih asuransi. Gen Z cenderung memilih produk asuransi yang memiliki inisiatif keberlanjutan dan mengampanyekan berbagai isu di masyarakat.

Baca juga: Dukung Kesehatan Mental, FWD Insurance Hadirkan Layanan Gratis FWD Mind Strength

Dalam memilih asuransi, gen Z juga menyeleksi brand berdasarkan kemudahan pengajuan dan klaim melalui digital channel. Mereka juga menyukai pendekatan komunikasi personal dengan agen asuransi. Dengan demikian, mereka dapat mengetahui produk asuransi yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Hadirkan teknologi digital dengan sentuhan manusia

Karakteristik unik dari gen Z tersebut ditangkap oleh PT FWD Insurance Indonesia. FWD Insurance memiliki visi untuk mengubah cara pandang masyarakat Indonesia tentang asuransi termasuk gen Z.

FWD Insurance mengusung pendekatan “Digital at heart with human touch”. Inisiatif ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital yang humanis untuk memberikan pengalaman yang mudah dan nyaman bagi nasabah dalam mengakses produk dan layanan asuransi.

Adapun teknologi yang dihadirkan FWD Insurance adalah aplikasi FWD Max dan chatbot Fi.

FWD MAX adalah aplikasi bagi nasabah, baik individu maupun kumpulan, yang ingin mendapatkan produk asuransi, mengetahui informasi polis, pengajuan klaim, termasuk mendapatkan berbagai promo dan reward. Aplikasi ini bisa diunduh lewat Google Play Store dan Apple App Store.

Agar lebih personal, FWD Insurance juga menyediakan chatbot bernama Fi untuk membantu nasabah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Nasabah dapat mengaksesnya melalui laman fwd.co.id.

Baca juga: FWD Insurance Dukung Nasabah Kejar Passion lewat Press Play

Teknologi tanpa sentuhan manusia akan membuat pelayanan terasa kaku. Hal itu disadari FWD Insurance. Perusahaan asuransi ini menggunakan teknologi untuk memudahkan nasabah dan agen asuransi, mulai dari interaksi pertama untuk mengenalkan produk FWD Insurance sampai proses klaim.

Tim customer service yang profesional dan ramah siap membantu nasabah dengan berbagai pertanyaan dan kebutuhan mereka.

Upaya tersebut sejalan dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Inklusif (SNLKI) yang dicanangkan Pemerintah Indonesia. Hingga saat ini, FWD Insurance memiliki 36 kantor pemasaran di Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, serta Sulawesi. Pada 2023, FWD Insurance melakukan ekspansi dengan membuka 22 kantor pemasaran.

Jumlah tenaga pemasar FWD Insurance mencapai lebih dari 10.000 agen asuransi. Angka ini menjadikan FWD Insurance sebagai perusahaan asuransi jiwa terbesar keempat berdasarkan new business sales menurut data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada Desember 2023.

Peduli dengan kesehatan mental

FWD Insurance memiliki nilai tambah yang membedakan dengan penyedia asuransi lain, yakni peduli kesehatan mental. Untuk diketahui, kesehatan mental merupakan salah satu concern gen Z selain isu keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan, dan kesetaraan.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh FWD Group dan di publikasikan melalui website resmi FWD Group, sebanyak 65 persen orang di Asia percaya bahwa kesehatan mental menjadi salah satu hal penting pada tahun mendatang.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sejumlah pencetus stres, seperti tanggung jawab keluarga, pekerjaan, peningkatan inflasi, dan penyesuaian pascapandemi, dapat memengaruhi kesehatan mental. Bila tidak dikelola, hal ini bisa berdampak buruk terhadap aktivitas sehari-hari.

Untuk memastikan dan meningkatkan kesehatan mental masyarakat Indonesia FWD Insurance memiliki program dukungan FWD Mind Strength yang merupakan platform digital. Program ini dapat diakses secara bebas untuk masyarakat umum, tak terbatas pada nasabah, tanpa dikenakan biaya.

Khusus bagi nasabah, FWD Insurance juga memiliki layanan pemulihan fisik dan mental yang dapat memberikan nilai tambah, yakni FWD Care Recovery Plan.

Baca juga: Dukung Kesehatan Mental, FWD Insurance Hadirkan Layanan Gratis FWD Mind Strength

FWD Care Recovery Plan merupakan layanan dukungan oleh tenaga profesional pascaklaim untuk pemulihan fisik dan mental, mulai dari layanan mental konseling hingga bantuan perawat di rumah (home care).

FWD Care Recovery Plan dihadirkan untuk nasabah lantaran seseorang akan mengalami masa sulit ketika anggota keluarga berpulang atau berjuang melawan penyakit kritis.

Nasabah dapat memanfaatkan program tersebut untuk tertanggung dan anggota keluarga terdekat dari tertanggung tanpa dikenakan biaya. FWD Care Recovery Plan bisa digunakan oleh nasabah yang memiliki manfaat atas klaim penyakit kritis dan cacat tetap total, seperti kanker, stroke, serangan jantung, serta meninggal dunia sesuai dengan kriteria klaim yang ditetapkan FWD Insurance.

Melalui perlindungan menyeluruh dan kemudahan layanan, FWD Insurance mendorong masyarakat, termasuk gen Z, untuk merayakan hidup atau celebrate living dengan penuh semangat.

Masyarakat dapat menikmati setiap momen, mengejar passion, dan menjalani hidup tanpa khawatir berkat perlindungan asuransi FWD Insurance.

FWD Insurance berupaya menghadirkan service excellence lewat kemudahan akses dan layanan dalam mewujudkan visi, yakni mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk dan layanan FWD Insurance, Anda dapat mengunjungi laman fwd.co.id.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com