Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Anggaran Bansos Meroket, Risma: Tanya Bu Sri Mulyani

Kompas.com - 20/03/2024, 09:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran bantuan sosial (bansos) sampai 29 Februari 2024 mencapai Rp 22,5 triliun. Angka ini meningkat 135,1 persen secara tahunan.

Ditanya mengenai hal itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku tidak mengetahui penyebab kenaikan realisasi bansos.

Oleh karenanya, dia meminta agar hal ini dikonfirmasi lebih lanjut ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Ya itu yang melonjaknya di mana aku lho ndak tahu. Jangan tanya aku, tanya Bu Sri Mulyani," ujarnya usai rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Risma soal Banjir Bansos Pemilu: Uangnya Bukan lewat Kami

Dia menegaskan, dari total alokasi anggaran untuk perlindungan sosial sebesar Rp 497 triliun, pihaknya hanya bertanggungjawab menyalurkan sebesar Rp 78 triliun.

"Sisanya ya saya enggak ngurusi. Kenapa? Ya saya ngurusi ini saja mumet gitu kan, sini komplain, sana komplain. Tapi yang jelas kami enggak berikan itu di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan di luar program kami," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kenaikan realisasi anggaran bansos di awal tahun ini saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (19/3/2024).

"Anggaran bansos kita melonjak tajam dari Rp 9,6 triliun tahun lalu ke Rp 22,5 triliun atau naik 135,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Di DPR, Tangis Risma Pecah saat Mendengar Kisah Lansia Sebatang Kara Tak Dapat Bansos

Dia menambahkan, bansos tersebut terutama digelontorkan untuk Kementerian Sosial dengan bantuan program keluarga harapan (PKH) senilai Rp 12,8 triliun.

Jumlah tersebut disalurkan kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) dan kartu sembako bagi 18,7 juta KPM.

Selanjutnya, anggaran bansos senilai Rp 7,7 triliun disalurkan untuk penerima bantuan iuran (PBI) di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sedangkan, anggaran bansos di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupa program Indonesia pintar (PIP) adalah Rp 900 miliar untuk 1.000 siswa dan KIP kuliah untuk 105.000 mahasiswa.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Realisasi Anggaran Bansos Melonjak Tajam di Awal 2024

Adapun anggaran bansos untuk Kementerian Agama (Kemenag) senilai Rp 1,1 triliun untuk bantuan PIP bagi 1,4 juta siswa dan KIP kuliah untuk 11.100 mahasiswa.

Terakhir, anggaran bansos untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp 800 miliar untuk bencana.

Sebagai informasi, peningkatan realisasi anggaran bansos meingkat karena dipengaruhi penyaluran PKM tahap 1 pada Januari dan penyaluran program kartu sembako pada Februari 2024.

Baca juga: Zulhas Beberkan Alasan Bansos Beras Jor-joran Dibagikan Jelang Pilpres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com