Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Perkuat Koordinasi Lintas Sektor Hadapi Masa Angkutan Lebaran

Kompas.com - 20/03/2024, 19:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkuat koordinasi dengan lintas sektor baik kementerian dan lembaga, asosiasi hingga perusahaan pelayaran dalam menghadapi masa angkutan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Mengingat diperkirakan akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat pada tahun ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mempersiapkan perencanaan yang matang dalam mengelola traffic management,” kata Direktur Perhubungan Laut Kemenhub Capt Antoni Arif Priadi dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 2024 M/1445 H di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Antoni menyampaikan bahwa rapat tersebut dilakukan untuk memperkuat koordinasi antara petugas, instansi terkait, penyedia jasa, dan asosiasi yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut pada momen Lebaran.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024, Kemenhub Perkirakan 3 Juta Orang Gunakan Angkutan Laut

Aktivitas di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Berikut daftar tarif penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 2024Berikut daftar tarif penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 2024.Kompas.com/Rizki Alfian Restiawan Aktivitas di Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Berikut daftar tarif penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 2024Berikut daftar tarif penyeberangan Ketapang-Gilimanuk 2024.

“Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan penumpang pada saat arus mudik dan arus balik nantinya," ujar Antoni.

Antoni mengungkapkan bahwa pihaknya berperan aktif dalam mempersiapkan angkutan mudik Lebaran tahun 2024 dengan menggunakan jasa transportasi laut.

Langkah tersebut untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penumpang, awak kapal, dan petugas pelabuhan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Selain itu, salah satu inisiatif yang diadakan adalah program Mudik Gratis Sepeda Motor dan Tiket Gratis. Program ini akan berlangsung mulai tanggal 25 Maret hingga 9 April 2024 untuk arus mudik, dan tanggal 12 hingga 25 April 2024 untuk arus balik," ujarnya.

Baca juga: Kemenhub Buka Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut, Ini Cara dan Syarat Daftarnya

Lanjut Antoni mengatakan langkah-langkah konkret yang diambil untuk mendukung penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2024 antara lain memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laik laut.

“Dengan uji kelaiklautan kapal terhadap seluruh kapal yang beroperasi di wilayah kerja masing-masing,” tutur Antoni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com