Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Aset BUMN, Erick Thohir Gandeng TNI

Kompas.com - 26/03/2024, 06:07 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk pengamanan aset-aset BUMN.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Sinergitas Tugas dan Fungsi Kementerian BUMN dan TNI yang berlangsung di Rumah Dinas Panglima TNI, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, aset-aset yang dimiliki BUMN merupakan aset vital, bersifat sangat strategis dalam berbagai sektor.

Baca juga: Erick Thohir Bakal Lebur 7 BUMN Karya Jadi 3

Selain berperan sebagai penggerak roda ekonomi, aset yang dimiliki BUMN juga berperan penting dalam pembangunan infrastruktur Indonesia dan berorientasi pelayanan publik.

"Kita bisa melihat, aset-aset yang dimiliki BUMN, mohon maaf tidak saya sebutkan satu-satu, ini merupakan aset vital yang memang harus kita jaga sama-sama," ujarnya dalam acara penandatanganan.

Ia mencontohkan, salah satu aset milik BUMN adalah Depo BBM Plumpang. Aset yang dimiliki PT Pertamina (Persero) itu berperan penting dalam memasok bahan bakar di wilayah Jabodetabek, sehingga perlu adanya penjagaan terhadap aset vital ini.

"Ketika misalnya kebakaran di Plumpang, itu sebuah aset vital tapi yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat," kata Erick.

Di sisi lain, salah satu bentuk sinergi antara Kementerian BUMN dan TNI adalah terkait pengamanan obyek vital nasional bersifat strategis milik perusahaan BUMN dari kegiatan pertambangan tanpa izin (peti).

Melalui kerja sama ini, diharapkan persoalan peti bisa ditanggulangi sehingga sumber daya mineral dan batu bara yang ada bisa memberikan manfaat maksimal bagi kepentingan negara.

Oleh sebab itu, Erick berharap kerja sama ini bisa benar-benar dijalankan dengan baik.

"Dengan adanya sinergi yang kuat antara BUMN dengan TNI kami yakin hal ini bisa mengoptimalkan sumber daya BUMN dan TNI termasuk pengamanan aset BUMN, sehingga tugas dan fungsi masing-masing dapat terselenggara dengan baik" pungkasnya.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Asisten Khusus Prabowo Jadi Komisaris PT Pindad

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com