Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artajasa Sebut Transaksi Keuangan Saat Lebaran Tumbuh 20-30 Persen

Kompas.com - 25/03/2024, 22:46 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran PT Artajasa Pembayaran Elektronis atau Artajasa melaporkan, biasanya akan terjadi lonjakan transaksi keuangan masyarakat 20-30 persen pada saat Hari Raya.

Presiden Direktur Artajasa Armand Hermawan mengatakan, peningkatan tersebut hampir pasti terjadi ketika hari raya Lebaran dan Natal dan Tahun Baru.

"Di momen seperti Lebaran dan Tahun Baru itu peningkatan bisa 20-30 persen dibandingkan bulan sebelumnya," kata dia dalam Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama, Senin (25/3/2024).

Baca juga: 8 Maskapai Telah Ajukan Extra Flight untuk Lebaran 2024, Kemenhub: Totalnya Lebih 415.000 Kursi

Ia menambahkan, Artajasa siap melayani berbagai kebutuhan institusi perbankan dan keuangan untuk switching, seperti ATM Bersama, Debit GPN, QRIS.

Untuk melayani kebutuhan transaksi keuangan masyarakat tersebut, pihaknya juga telah terhubung dengan 98 bank dan lebih dari 82.000 terminal ATM.

Tak hanya itu, Artajasa juga terhubung dengan 31,44 juta merchant QRIS dan lebih dari 300 institusi di berbagai industri untuk layanan pembayaran.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Artajasa Teddy Sis Herdianto mengatakan, pihaknya akan memastikan transaksi keuangan pada libur Lebaran tetap dapat mempertahankan SLA.

Apalagi, masa libur Lebaran 2024 ini akan sedikit lebih panjang dari biasanya.

"Benar-benar diwanti-wanti soal ketersediaan layanan, jangan sampai terganggu," ungkap dia.

Pihaknya telah mempersiapan ketersediaan layanan untuk menghindari permasalahan operasional.

"Kami lakukan pemeliharaan sistem yang lebih detail, lebih dalam, karena kami akan menghadapi masa peak transaksi," tutur dia.

Baca juga: Simak, Fakta di Balik 9 Mitos Keuangan Ini

Sebagai informasi, layanan yang dimiliki Artajasa meliputi pengelolaan perangkat atau channel seperti ATM, EDC, internet banking, mobile banking, e-KYC, aplikasi pengelolaan kasir digital, dan program loyalti.

Program kasir digital mendukung kebutuhan bisnis merchant dalam mengelola inventaris yang terintegrasi dengan sistem pembayaran, hingga penyediaan laporan keuangan harian.

Selain itu, Artajasa juga melayani keperluan seperti sistem middleware, fraud detection system, third-party card management (TPCM), thrid-party processor (TPP), serta processing credit card dan debit card yang terhubung ke prinsipal internasional.

Fraud detection system menyediakan pemantauan transaksi secara real time sebagai upaya dalam mengurangi kecurangan dalam transaksi keuangan.

Solusi layanan terkelola ini hadir dalam upaya membangun ekosistem sistem pembayaran yang lebih luas dengan didukung oleh pemenuhan service level aggrement (SLA) sesuai yang diharapkan pelanggan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com