BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Sido Muncul Manfaatkan Berkah Ramadhan dengan Berdonasi kepada 1.000 Kaum Duafa

Kompas.com - 26/03/2024, 16:01 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Ramadhan selalu jadi bulan yang istimewa dan penuh berkah, utamanya bagi umat Islam. Sebab, tiap amal kebaikan pada bulan ini dipercaya akan dilipatgandakan hingga 70 kali lipat.

Karena itulah, tak sedikit pihak yang memanfaatkan momen ini sebagai waktu yang tepat untuk berlomba-lomba menebar kebaikan. Salah satunya, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBK.

Hampir tiap momen Ramadhan dimanfaatkan Sido Muncul untuk berbagi dan menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama.

Pada Ramadhan 2024, perusahaan jamu yang telah berdiri sejak 1940 memberikan donasi kepada 1.000 kaum duafa yang ada di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Baca juga: Atasi Stunting, Sido Muncul Berikan Bantuan Senilai Rp 200 Juta kepada Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dari Kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta Selatan, kepada Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha yang hadir secara langsung di Kecamatan Bergas, Senin (25/3/2024).

Irwan mengatakan, berbagi kepada kaum duafa selama Ramadhan adalah aktivitas rutin yang telah dilakukan Sido Muncul sejak 10 tahun terakhir.

“Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kesempatan. Bagi kami, ini menjadi kesempatan untuk berbuat baik dan berbagi kebahagiaan, khususnya kepada warga yang ada disekitar pabrik,” ujar Irwan saat wawancara dengan awak media di Kantor Sido Muncul.

Total bantuan capai Rp 200 juta

Bantuan yang diberikan Sido Muncul kepada 1.000 kaum duafa tersebut berupa bahan pokok senilai Rp 200 juta.

Bahan pokok tersebut nantinya akan diberikan kepada kaum duafa yang tersebar di lima desa di Kecamatan Bergas, seperti Desa Diwak, Desa Bergas Kidul, Desa Klepu, Kelurahan Ngempon, dan Kelurahan Karangjati.

Baca juga: Sido Muncul Kembali Gelar Operasi Gratis untuk Bibir Sumbing

“Paket yang kami serahkan berupa beras, gula pasir, minyak, mi instan, dan wafer. Ada juga produk-produk Sido Muncul, seperti Kopi Jahe, Vit C1000, Balsem Tolak Angin, dan RTD Red Berry. Total nilai semuanya itu Rp 200.000 per paket,” jelas Irwan.

Lewat bantuan tersebut, Irwan berharap, dapat meringankan beban masyarakat yang ada di Kecamatan Bergas. Utamanya, di tengah melambungnya sejumlah harga bahan pokok yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan.

Selain itu, ia juga ingin agar bantuan yang diberikan pihaknya dapat membuat masyarakat menjadi lebih bahagia saat menjalani Lebaran 2024.

Baca juga: Atasi Stunting, Sido Muncul Berikan Bantuan Senilai Rp 200 Juta kepada Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih

Penyerahan bantuan dari Sido Muncul oleh Irwan yang dilakukan secara hybrid. Dok. Sido Muncul Penyerahan bantuan dari Sido Muncul oleh Irwan yang dilakukan secara hybrid.

“Ramadhan adalah momen untuk mewujudkan kebaikan dan berbagi ke sesama. Keluarga besar Sido Muncul merasa sangat bahagia bisa berbagi melalui kegiatan sosial ini. Sebab, berbuat kebaikan adalah sebuah kesempatan dan tidak semua orang punya. Semoga sumbangan kami bermanfaat. Untuk penerima bantuan, semoga bisa merayakan Lebaran dengan baik,” terang Irwan.

Dalam kesempatan tersebut, Irwan mengaku bahwa bantuan yang diberikan kepada warga di Kecamatan Bergas bukan jadi kegiatan donasi terakhir yang akan dilakukan oleh Sido Muncul selama Ramadhan.

Pasalnya, perusahaan jamu itu juga akan melakukan kegiatan serupa dengan memberikan donasi Rp 200 juta kepada anak yatim piatu yang ada di sekitar kantor Sido Muncul.

Adapun kegiatan pemberian bantuan akan dilakukan di kantor Sido Muncul, pada Rabu (27/3/2024).

“Rabu nanti kami juga akan memberikan santunan berupa uang tunai sebesar Rp 200 juta kepada 1.000 anak yatim. Nantinya masing-masing dari mereka akan menerima Rp 200.000,” ujarnya Irwan.

Apresiasi Bupati Semarang

Bantuan dari Sido Muncul untuk warga di Kecamatan Bergas dinilai terjadi pada momen yang sangat tepat.

Ngesti menjelaskan bahwa bantuan tersebut hadir saat masyarakat benar-benar membutuhkan kehadiran bahan pokok yang tengah mengalami kenaikan harga.

Oleh karena itu, bantuan dari Sido Muncul diharapkan dapat meningkatkan taraf kesejahteraan penerima.

“Kami yakin bahwa bantuan ini akan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan membantu mereka keluar dari kesulitan. Seperti tadi disampaikan Pak Irwan, harga bahan pokok saat ini kan melambung tinggi. Kami sangat bersyukur dan berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” jelas Ngesti.

Atas kebaikan yang diterima warganya, Ngesti pun mendoakan agar Sido Muncul bisa semakin berkembang maju, sukses, dan dan berkembang.

Baca juga: Gelar Simposium Nasional Bersama Unsoed, Sido Muncul Dorong Pengembangan Jamu dan Obat Herbal

Dengan begitu, Sido Muncul dapat terus berbuat baik dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Kami berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Sido Muncul atas kepedulian dan bantuannya. Kami juga mengapresiasi Pak Irwan. Beliau ini tidak banyak janji, tetapi langsung menunjukkan aksi nyata melalui pemberian bantuan. Berkat itu, tak heran Pak Irwan begitu dicintai masyarakat,” ucap Ngesti.

Sebagai informasi, Sido Muncul sebelumnya juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Semarang untuk mengatasi masalah stunting.

Selain itu, Sido Muncul juga menyalurkan donasi senilai Rp 200 juta kepada 40 anak suspek stunting di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2024).

Menurut Ngesti, hal tersebut menjadi bukti bahwa Sido Muncul berkomitmen dan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat.

“Sekali lagi, kami ucapkan terima kasih kepada Sido Muncul. Semoga Sido Muncul selalu sukses dan (mampu untuk) terus berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com