Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Indonesia Dorong Implementasi Program Tech Talent dengan Singapura

Kompas.com - 28/03/2024, 09:55 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Di sela-sela Indonesia-Singapore Business Forum 2024, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong di Singapura, Rabu (27/3/2024).

Pertemuan tersebut membahas hasil kerja sama kedua negara dalam mekanisme bilateral ekonomi 6 working group (WG) Indonesia-Singapura yang dipimpin bersama oleh Menko Airlangga dan Menteri Gan. 

Kerangka kerja 6 WG merupakan forum bilateral untuk meningkatkan kolaborasi ekonomi kedua negara. Salah satu area kerja sama mencakup kawasan ekonomi Batam, Bintan, Karimun, dan kawasan ekonomi khusus (KEK) lainnya.

Kerja sama juga mencakup peningkatan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata.

Baca juga: BSD dan PIK 2 Masuk PSN, Kemenko Perekonomian: Tidak Ada Pertimbangan Politis..

Tak hanya itu, kedua Menteri juga membahas persiapan pertemuan Leaders’ Retreat berikutnya. 

“Diharapkan pertemuan tingkat menteri (PTM) 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para leaders,” ungkap Menteri Gan. 

Lebih lanjut, kedua menteri juga sepakat agar memorandum of understanding (MoU) yang berkaitan dengan isu ketenagakerjaan yang ditandatangani pada 16 Maret 2023 dapat segera diimplementasikan.  

“Kita perlu mendorong implementasi kesepakatan program kerja sama ketenagakerjaan dalam mobilitas tech talent dapat segera diwujudkan,” tegas Menko Airlangga.  

Saat ini kedua negara sedang menyiapkan technical arrangement dalam rangka implementasi MoU. Pada tahap awal implementasi, akan dilaksanakan pilot project dengan jumlah tertentu untuk para pelamar awal dan perusahaan yang terlibat.

Baca juga: Ada Wacana Makan Siang Gratis Gunakan Subsidi Energi hingga Dana BOS, Kemenko Perekonomian Buka Suara

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Gan menekankan pentingnya pemanfaatan industrial park dan KEK.

"Kawasan ekonomi terbukti dapat menciptakan multiplier effect bagi berbagai bidang usaha, dan pertumbuhannya berkaitan langsung dengan insentif finansial yang diberikan pemerintah dalam bentuk fasilitas perpajakan seperti tax holiday dan tax allowance," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Menteri Gan mengundang Menko Airlangga untuk hadir dan berpartisipasi dalam IPEF Clean Economy Investor Forum pada Juni 2024 di Singapura. 

Kedua menteri juga sepakat untuk melaksanakan pertemuan menteri 6 WG dirangkaikan dengan Investor Forum tersebut. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo.

Baca juga: Situs Kemenko Perekonomian Sempat Tayangkan Promosi Judi Online, Kena Retas?

Sementara Menteri Gan didampingi antara lain oleh Director Southeast Asia and Oceania MTI Jeanette Lim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com