Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luncurkan Starlink di Indonesia, Elon Musk Sebut Ada Kemungkinan Investasi Lainnya

Kompas.com - 20/05/2024, 17:42 WIB
Filipi Jhonatan Partogi Situmorang,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

DENPASAR, KOMPAS.com - Elon Musk telah meluncurkan layanan internet satelit Starlink SpaceX di Indonesia.

Dikutip dari CNBC, Senin (20/5/2024), Elon Musk menyatakan bahwa “sangat mungkin” perusahaannya yang lain akan berinvestasi di Indonesia.

Elon Musk menyebutkan bahwa dia berencana berinvestasi di sektor kendaraan listrik Indonesia, namun Elon Musk mengaku fokus pada Starlink terlebih dahulu.

“Ada kemungkinan besar perusahaan-perusahaan saya akan berinvestasi di Indonesia,” kata Musk yang juga Chief Executive Officer (CEO) Tesla ini.

Baca juga: Masuknya Starlink Dikhawatirkan Ancam Bisnis Operator Lokal, Luhut: Semua Harus Berkompetisi

Sebagai informasi, Musk meresmikan peluncuran Starlink di Bali Minggu (19/5/2024).  Pendiri SpaceX tersebut mengatakan, dirinya sangat bersemangat untuk menghadirkan layanan internet ke daerah-daerah dengan konektivitas terbatas atau tidak ada sama sekali.

Menurut dia, konektivitas internet dapat menjadi penyelamat hidup bagi masyarakat terutama di klinik medis terpencil.

“Penting untuk menekankan pentingnya konektivitas internet dan, hal ini dapat mengubah hidup dan menyelamatkan hidup,” ucap Musk.

Indonesia merupakan negara dengan lebih dari 17.000 pulau, dan harus menghadapi kesenjangan konektivitas perkotaan-pedesaan dimana jutaan orang yang tinggal di daerah pedesaan memiliki akses terbatas atau sama sekali tidak memiliki layanan internet.

“Saat Anda memiliki akses internet, anda bisa mempelajari apa saja, tetapi jika anda tidak memiliki konektivitas internet, sangat sulit untuk mempelajarinya.” ujar Musk.

“Dan jika Anda memiliki barang dan jasa yang ingin anda jual kepada dunia, dan meskipun anda berada di desa terpencil, kini anda dapat melakukannya dengan koneksi internet,” tambah Musk.

Baca juga: Jokowi Bertemu Elon Musk, Minta Kembangkan Investasi SpaceX, Tesla, dan Boring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com