Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengambil Uang di Western Union, Lokasi, dan Biayanya

Kompas.com - 28/05/2024, 20:39 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengambil uang di Western Union adalah proses yang sederhana. Di Indonesia, agen Western Union juga sangat mudah ditemukan.

Di Indonenesia, cara ambil uang di Western Union bisa dilakukan di kantor Pos Indonesia, Pegadaian, jaringan minimarket Indomaret Alfamart, dan kantor cabang bank.

Cari agen Western Union terdekat menggunakan situs web Western Union, aplikasi seluler, atau langsung pergi ke lokasi yang Anda ketahui menyediakan layanan Western Union.

Nah sebelum And mendatangi agen-agen Western Union, beberapa hal yang harus dipersiapkan adalah kode Money Transfer Control Number (MTCN).

MTCN adalah suatu kode atau nomor unik yang nantinya akan digunakan untuk mecairkan uang yang sudah di transfer oleh si pengirim. Kode ini bersifat sangat rahasia, jadi jangan beritahukan ke orang lain.

Baca juga: Mengenal Western Union, Cara Kirim Uang dan Biayanya

Informasi lainnya yang harus dikantongi sebelum ke agen adalah nama lengkap pengirim, negara asal pengiriman uang, dan jumlah uang yang dikirimkan (bila diminta).

Cara mengambil uang di Western Union

Nah berikut ini tahapan demi tahapan cara ambil uang di Western Union:

1. Datang ke agen

Datang ke agen Western Union terdekat seperti kantor bank, Pegadaian, minimarket, dan kantor pos.

2. Isi formulir

Jangan luoa membawa dokumen identitas yang valid, seperti KTP, paspor, atau SIM. Di agen, minta formulir pengambilan uang (biasanya disebut Receive Money form). Isi formulir tersebut dengan informasi yang diperlukan, termasuk:

  • Nama lengkap pengirim
  • Negara asal pengiriman
  • Jumlah uang yang dikirim
  • Kode pengiriman (MTCN)
  • Nama lengkap Anda sebagai penerima

3. Serahkan formulir dan identitas

Serahkan formulir yang telah diisi dan dokumen identitas Anda kepada petugas agen. Petugas akan memverifikasi informasi yang Anda berikan.

4. Ambil uang

Setelah informasi Anda diverifikasi, petugas akan memberikan uang yang dikirim kepada Anda. Pastikan untuk menghitung uang tersebut sebelum meninggalkan agen untuk memastikan jumlahnya sesuai.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Mengirim Uang Lewat Western Union

Biaya pengambilan uang

Biasanya, biaya pengambilan uang dibebankan kepada pengirim. Namun, ada baiknya untuk menanyakan apakah ada biaya tambahan untuk pengambilan uang.

Jadi bisa dibilang, pengambilan uang di Western Union gratis atau tidak dipungut biaya. Ini karena biaya pengiriman sudah dibayar oleh pengirim uang.

Cara mengambil uang di Western Union Indomaret

1. Kunjungi Indomaret terdekat

Cari Indomaret terdekat yang menyediakan layanan Western Union. Hampir semua Indomaret di Indonesia memiliki layanan ini, tetapi ada baiknya memastikannya terlebih dahulu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com