Kompas.com - 05/11/2021, 14:09 WIB
Logo Western Union. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang berdiri pada 1851 tersebut pertama kali meluncurkan jasa pengiriman uang pada 1995 di Indonesia. Josephus PrimusLogo Western Union. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang berdiri pada 1851 tersebut pertama kali meluncurkan jasa pengiriman uang pada 1995 di Indonesia.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Western Union adalah salah satu penyedia layanan pengiriman uang antar negara yang paling dikenal, meski sebenarnya, Western Union juga melayani pengiriman uang antar wilayah di dalam negeri.

Lewat Western Union, Anda tidak perlu membuka rekening bank untuk mengirim atau menerima uang. Hal ini berbeda dengan bank, Anda hanya perlu menunjukkan kartu identitas saja untuk mengirim uang lewat Western Union.

Perusahaan ini berbasis di Colorado, Amerika Serikat, dan sudah beroperasi di lebih dari 200 negara dan wilayah, termasuk di Indonesia.

Secara keseluruhan, Western Union memiliki lebih dari 500.000 agen yang tersebar di seluruh dunia.

Baca juga: Layani Pengiriman Uang Antar-Negara, BSI Gandeng Western Union

Cara Kerja Western Union

Untuk diketahui, Western Union sudah ada sejak tahun 1800an sebagai sebuah perusahaan dengan bisnis utama yakni telegraf. Pada tahun 1861, perusahaan untuk pertama kalinya berhasil menjalankan layanan pengiriman telegraf antar wilayah di Amerika.

Pada tahun 1871, layanan tersebut pun kemudian berkembang menjadi layanan pengiriman uang yang bertumpu pada sistem telegraf yang mereka miliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga akhirnya, perusahaan berinovasi untuk meninggalkan bisnis telekomunikasi di tahun 1980an dan fokus beralih ke layanan pengiriman uang ke luar negeri.

Cara kerja Western Union sebenarnya cukup mudah dan tak memakan waktu yang lama untuk uang Anda terkirim ke tujuan yang Anda inginkan.

Bila Anda ingin mengirim uang lewat Western Union, Anda tidak perlu mendatangi kantor cabang Western Union. Anda tinggal mendatangi agen-agen perusahaan layanan pengiriman uang tersebut.

Di Indonesia, agen Western Union beberapa di antaranya yakni kantor Pos Indonesia, Pegadaian, beberapa bank lokal, bahkan minimarket seperti Indomaret.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.