Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MTDL Bakal Tebar Dividen Rp 257,8 Miliar dari Laba Bersih 2023

Kompas.com - 03/06/2024, 21:20 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten teknologi informasi dan komunikasi PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) berencana membagikan dividen sebesar Rp 257,8 miliar kepada para pemegang saham dari laba bersih 2023.

Hal ini telah mengantongi persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan pada Senin (3/6/2024).

“RUPST memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 257,8 miliar kepada para pemegang saham dari laba bersih 2023,” kata Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja.

Adapun dividen payout ratio sebesar 39,6 persen dari laba bersih tahun 2023. Dividen ini juga merupakan nilai tertinggi sepanjang sejarah perseroan.

“Setiap pemegang saham akan mendapat Rp 21 per lembar saham,” lanjut Susanto.

Baca juga: Luncurkan Layanan Hybrid Multicloud, Anak Usaha MTDL Gandeng NetApp

Pada tahun 2023, Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 650,8 miliar, meningkat 12,1 persen dari laba bersih tahun 2022 sebesar Rp 580,5 miliar.

Perolehan laba bersih tersebut didukung pendapatan Perseroan yang mencapai Rp 22,1 triliun, naik 5,2 persen dibandingkan pendapatan tahun 2022 sekaligus merupakan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah Perseroan.

“Proses transformasi digital yang sedang gencar dilakukan perusahaan?perusahaan di Indonesia menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kami membukukan pendapatan tertinggi sepanjang sejarah Perseroan,” jelas dia.

“Sudah sewajarnya, jika para pemegang saham yang telah setia bersama?sama mengembangkan bisnis MTDL turut menikmati keberhasilan ini melalui pembagian dividen,” tambah dia.

Baca juga: Berambisi Jadi Perusahaan Unicorn, Ini Strategi MTDL Genjot Kinerjanya

 


RUPST juga menyetujui pengangkatan dua direktur baru perseroan yakni mengangkat Sur Hang Aiwan dan Alexander Kuntoro, sebagai direktur baru menggantikan Agus Honggo Widodo dan Sjafril Effendi yang telah selesai masa jabatannya sejak tahun 2000.

Sebagai latar belakang, Sur Hang Aiwan saat ini masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia dan Presiden Direktur PT My Icon Technology dan berkarir di MTDL dengan berbagai posisi sejak tahun 1996, atau lebih dari 26 tahun.

Sedangkan Alexander Kuntoro, saat ditetapkan masih menjabat sebagai Presiden Direktur PT Mitra Integrasi Informatika dan sudah berkarir di Metrodata sejak 2006, atau lebih dari 18 tahun serta meraih gelar Sarjana Komputer dari Universitas Bina Nusantara pada tahun 2006. Alexander akan membawahi bisnis Solusi di dalam grup Metrodata.

”Perubahan direksi MTDL ini diharapkan meningkatkan nilai Perusahaan serta kontribusi positif kepada masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: Butuh Modal Usaha, Emiten Properti Intiland Absen Bagi Dividen

Target kinerja

Susanto mengatakan, pihaknya optimis mempu menacapai target pendapatan sebesar Rp 25 triliun pada tahun ini.

Pada kuartal I-2024, MTDL telah mencatatkan pendapatan sebesar Rp 5,1 triliun, tumbuh 12,3 persen dari periode yang sama tahun 2023.

“Kami optimis bisa meraih target pendapatan sebesar Rp 25 triliun pada tahun ini. Dukungan dari seluruh pemangku kepentingan sangat kami butuhkan dan sangat kami apresiasi,” tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com