Salin Artikel

Tiga Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Minta Naik Gaji

Anda harus membuktikan kepada perusahaan mengapa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji. Minta lah kenaikan gaji dengan cara yang sama seperti Anda mempersiapkan wawancara kerja.

Caranya, latih nada bicara Anda, ketahui nilai jual utama Anda, dan hindari ketiga kesalahan ini.

1. Tak memiliki nada bicara yang baik

Nada bicara Anda perlu menyoroti nilai yang dapat Anda bawa ke perusahaan. Itu harus berupa narasi yang menggambarkan nilai Anda, komitmen Anda, dan hasil yang Anda raih.

Kamu perlu menunjukkan kepada manajer bahwa Anda memiliki alasan yang bagus untuk meminta kenaikan gaji.

Prestasi dan komitmen Anda pada pekerjaan adalah dua nilai jual utama dalam meminta kenaikan gaji. Selain pencapaian saat ini, rencana Anda untuk pertumbuhan dan pengembangan perusahaan di masa depan juga sama pentingnya.

Hal itu menunjukkan kepada manajer l bahwa Anda berkomitmen untuk tetap bersama perusahaan. Itu juga bisa menegaskan bahwa Anda bersedia untuk terus bekerja keras di perusahaan tersebut

2. Tak berbicara dengan fakta pendukung

Untuk membuktikan bahwa Anda layak menerima kenaikan gaji, Anda harus memiliki fakta yang mendukung. Angka-angka adalah ukuran yang kuat dan konkret dari kinerja Anda.

Jangan hanya berbicara tentang peningkatan penjualan, gunakan metrik khusus seperti persentase atau jumlah uang. Statistik adalah nilai jual yang kuat untuk alasan Anda layak mendapatkan kenaikan gaji.

Mulailah dengan membuat daftar pencapaian yang telah Anda hasilkan, lalu tambahkan metrik yang mendukungnya. Sangat penting untuk meluangkan waktu Anda pada langkah ini.

3. Meminta kenaikan gaji terlalu rendah

Lakukanlah riset sebelum memutuskan berapa kenaikan gaji yang Anda inginkan. Lihat situs seperti Glassdoor untuk menemukan informasi soal kisaran gaji yang pntas untuk pekerjaan Anda saat ini.

Jika Anda mendapatkan kenaikan gaji di masa lalu, Anda dapat menggunakannya sebagai titik referensi juga.

Ingatlah saat meminta kenaikan gaji, sering kali menghasilkan negosiasi, jadi mulailah dengan angka yang lebih tinggi. Hal tersebut memberikan Anda kesempatan agar mendapatkan kenaikan gaji yang sesuai.

Pastikan untuk meminta jumlah yang ditentukan, bukan kisaran. Ketika Anda memberikan kisaran, itu memberi manajer perekrutan gagasan tentang seberapa rendah Anda akan pergi, dan Anda kehilangan daya tawar.

Jika permintaan kenaikan gaji ditolak, Anda dapat mengajukan pertanyaan tindak lanjut untuk mengetahui alasannya. Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan jika ingin mendapatkan kenaikan gaji di masa depan.

Bekerja sama lah dengan manajer Anda untuk membuat rencana pengembangan ke depannya, dan sering-seringlah berhubungan dengan mereka untuk memantau perkembangan Anda. Teruslah bekerja, dan Anda akan memiliki lebih banyak alasan untuk membuktikan mengapa Anda layak mendapatkan kenaikan gaji.

https://money.kompas.com/read/2019/05/02/052736426/tiga-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat-minta-naik-gaji

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.