Salin Artikel

[POPULER MONEY] Utang Disorot Lagi | Lisensi Capt Vincent Raditya Dicabut

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita tentang utang pemerintah yang disorot oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi berita populer di kanal Money Kompas.com, Rabu (29/5/2019). Terkait hal ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan penjelasannya.

Lalu, ada pula berita tentang lisensi single engine pilot dan vlogger Capt Vincent Raditya yang dicabut oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Pihak regulator memberikan penjelasan soal keputusan tersebut.

Berikut ini adalah 5 berita populer Money Kompas.com yang masih dapat Anda simak pagi ini.

1. BPK Soroti Utang Pemerintah, Ini Tanggapan Sri Mulyani

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyoroti rasio utang pemerintah yang terus meningkat sejak tahun 2015. Meski pada 2018 rasio utang pemerintah mengalami penurunan jadi 29,81 persen.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan terus meningkatnya rasio utang pemerintah disebabkan tingginya transfer daerah yang memiliki porsi sepertiga dari keseluruhan belanja pemerintah.

Akan tetapi, besaran belanja transfer daerah tersebut tidak tercatat di dalam neraca pemerintah.

Bagaimana penjelasan Sri Mulyani selengkapnya soal utang? Baca di sini.

2. Soal Tiket Jakarta-Pekanbaru Tembus Rp 6,6 Juta, Ini Kata Lion Air

Beredar informasi bahwa Lion Air menjual tiket pesawat Lion Air rute Soekarno-Hatta, Tangerang ke Pekanbaru mencapai Rp 6.611.300 satu kali jalan (one way) periode perjalanan Minggu, 2 Juni 2019. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, harga jual tiket tersebut memiliki komposisi dua sektor.

Pertama, Batik Air kelas bisnis untuk rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) ke Bandar Udara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara (KNO) sebesar Rp 5.656.000.

Kok bisa harga tiket Lion Air sebegitu mahal? Baca selengkapnya di sini.

3. Bank Mana yang Tawarkan Bunga KPR Paling Murah?

Perbankan terus menggenjot penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan tetap menjaga suku bunga secara bersaing.

Selain masih akan mempertahankan stabil suku bunga, bank juga masih akan terus menggelontorkan program-program promo dengan tawaran bunga lebih menarik.

Lalu, bank apa yang menawarkan bunga KPR paling murah?

Baca selengkapnya di sini.

4. Capt Vincent Raditya Boleh Terbangkan Cessna 172 Miliknya, asal...

Capt Vincent Radityo, pilot sekaligus vlogger yang dikenal luas karena videonya yang diunggah di Youtube harus "beristirahat" tidak boleh menerbangkan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY.

Hal ini menyusul dicabutnya lisensi terbang single engine oleh Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) karena Capt Vincent dianggap sudah menyalahi aturan penerbangan.

Meski begitu, pintu Vincent kembali menerbangkan pesawat Cessna 172 masih terbuka. Sebab, Kemenhub juga masih membuka pintunya, namun tentu ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat apa yang harus dipenuhi Capt Vincent? Baca di sini.

5. Kemenhub: Manuver Zero Gravity Tidak Lazim, Membahayakan....

Dicabutnya lisensi single engine milik Capt Vincent Raditya, pilot sekaligus vlogger menjadi pembicaraan banyak pihak di media sosial.

Ada yang setuju, namun ada juga netizen yang bingung, tidak setuju dan menilai pencabutan lisensi itu sebagai sesuatu yang berlebihan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Kemenhub menilai Capt Vincent telah melanggar sejumlah ketentuan. Salah satunya terkait manuver zero gravity (G Force).

Bagaimana penjelasan Kemenhub soal zero gravity? Baca di sini.

https://money.kompas.com/read/2019/05/30/061500526/-populer-money-utang-disorot-lagi-lisensi-capt-vincent-raditya-dicabut

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.