Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perang Dagang, Industri Komputer AS Tertekan

Produsen chip negara Paman Sam pun mengalami masa-masa yang berat dalam dua bulan terakhir setelah Gedung Putih memutuskan untuk memasukkan Huawei ke dalam daftar hitam impor mereka. Keberadaan tarif baru yang baru saja diusulkan oleh Presiden AS Donald Trump kepada China juga bakal menambah beban mereka.

Intel, Qualcom, dan Advanced Micro Devices baru-baru ini mengatakan, ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung dengan China serta pembatasan penjualan ke Huawei membebani batas bawah sekaligus prediksi kinerja para produsen cip tersebut.

"Tarif dan ketidakpastian perang dagang menimbulkan ketidakpastian di rantai konsumen kami," ujar CEO Intel Bob Swan dalam sebuah percakapan dengan pemegang saham seperti dikutip dari CNN, Senin (5/8/2019).

Perusahaan menginginkan Trump untuk menyelesaikan masalah perang dagang. Namun, trump justru bakal menambah tarif sebesar 10 persen untuk 300 miliar dollar AS produk China yang belum dia kenaik tarif seperti laptop, smartphone, dan produk teknologi lainnya.

Dimasukkannya Huawei ke dalam daftar hitam pun mengancam jalannya bisnis teknologi di Amerika.


Para produsen chip telah meminta pemerintahan Trump agar mengizinkan Huawei kembali menjalankan bisnisnya di negara adidaya tersebut.

Pekan lalu, petinggi dari tujuh pemasok Huawei bertemu dengan Trump untuk mendiskusikan pelarangan ini, termasuk CEO Qualcomm, Google, Intel, Broadcom, Micron, Westerd Digital dan Cisco.

Pemerintahan Trump pada Mei melarang perusahaan-perusahaan AS untuk menggunakan peralatan telekomunikasi Huawei.

Pemerintah AS khawatir Huawei bakal menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional, namun klaim tersebut telah dibantah Huawei. Rexim Trump pun kemudian menambahkan lima perusahaan Cina tambahan ke dalam daftar hitam tersebut.

Trump mengatakan pada Juni ia akan melonggarkan larangan ekspor Huawei, walaupun beleum ada kejelasan mengenai produk apa dan kapan hal tersebut diterapkan.

https://money.kompas.com/read/2019/08/05/111600426/perang-dagang-industri-komputer-as-tertekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke