Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penjualan iPhone Lesu, Laba Apple Tergelincir

NEW YORK, KOMPAS.com - Bisnis raksasa elektronik Apple Inc tengah diuji oleh terus berlangsungnya pelemahan penjualan iPhone.

Dalam periode kuartal teranyar, penjualan iPhone merosot hampir 10 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 33,4 miliar dollar AS. Penurunan penjualan ini merupakan lanjutan dan periode-periode sebelumnya.

Dilansir dari BBC, Sabtu (2/11/2019), pada akhirnya lesunya penjualan iPhone membuat laba Apple merosot sekitar 3 persen (yoy) menjadi 13,7 miliar dollar AS.

Laba dan pendapatan Apple untuk tahun fiskal ini juga anjlok untuk pertama kalinya sejak tahun 2016. Keduanya disebabkan oleh anjloknya kinerja bisnis iPhone.

CEO Apple Tim Cook memastikan kepada investor bahwa penurunan penjualan iPhone dalam laju melambat. Ini disebabkan popularitas seri terbaru, yakni iPhone 11.

"Masih awal, tetapi trennya tampak sangat bagus. Kami optimistis," kata Cook.

Ia menyebut, lini bisnis Apple lainnya juga terpantau dalam kondisi baik. Penjualan perangkat seperti earphone dan Apple Watch melonjak lebih dari 50 persen.

Sementara itu, pendapatan jasa, termasuk dari layanan Apple Pay dan App Store melompat 18 persen (yoy).

Cook sendiri telah berupaya untuk membuat bisnis Apple tidak terlalu bergantung pada iPhone. Sebaliknya, Apple gencar menawarkan layanan langganan baru untuk berita dan televisi.

Akan tetapi, iPhone masih mendominasi penjualan Apple.

https://money.kompas.com/read/2019/11/02/091846026/penjualan-iphone-lesu-laba-apple-tergelincir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke