Salin Artikel

Pemerintah Masih Pertimbangkan Kenaikan Tarif Listrik untuk Golongan Mampu

Dalam hal ini, pemerintah tetap mempertimbangkan kenaikan TDL mengingat kondisi perekonomian Indonesia yang tengah melambat. Hal ini disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif.

"Ada mekanismenya. Tiap tiga bulan PLN kasih usulan. Tapi kami belum terima usulan. Jadi belum ada langkah-langkah menaikkan. Kita harus memperhatikan kondisi saat ini bagaimana. Banyak pertimbangan yang harus kita lakukan," katanya ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Pemerintah berencana menaikkan tarif dasar listrik sebesar Rp 29.000 atau naik Rp 1.000 untuk golongan rumah tangga mampu dengan pemakaian 900 volt ampere (VA). Namun, pemerintah masih harus mengkaji kembali agar wacana kenaikan tarif tidak salah sasaran.

"Tapi harus kita detilkan betul-betul supaya tidak ada yang dirugikan," ujarnya.

Walaupun kenaikan tarif dasar listrik masih sekadar wacana, pihaknya masih menantikan laporan dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero untuk memastikan harga yang diusulkan sudah tepat. Arifin juga tidak dapat memastikan kapan usulan kenaikan tarif akan diberlakukan tahun depan.

"Nanti tunggu usulan dari PLN kalau datanya sudah akurat," katanya.

Sebelumnya, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, jajaran anggota dewan merasa tidak mengetahui rencana kenaikan tarif dasar listrik tersebut. Justru mereka mempertanyakan mekanisme yang membuat pemerintah harus menaikkan tarif listrik.

https://money.kompas.com/read/2019/11/28/054200426/pemerintah-masih-pertimbangkan-kenaikan-tarif-listrik-untuk-golongan-mampu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.