Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pabrik Jadi Klaster Sebaran Covid-19, Begini Instruksi Menaker

Meskipun banyak pabrik yang kini menjadi klaster penyebaran Covid-19, Ida mengatakan sudah memberikan instruksi pengawasan beberapa pabrik dan kawasan industri. 

Dia menilai ada kesadaran dari pelaku usaha untuk menaati protokol kesehatan di tempat kerja.

"Saya telah menginstruksikan kepada jajaran Kemnaker untuk terus melakukan sosialisasi dan pengawasan secara langsung di perusahaan, kawasan industri, dan tempat aktivitas ekonomi lainnya seperti pusat perbelanjaan, tempat pariwisata serta perhotelan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

Bahkan menurutnya, kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan juga ditunjukkan oleh para pekerja. Bahkan kata dia, pekerja sudah melakukan pemeriksaan rapid tes Covid-19.

Di sisi lain, pihaknya telah merumuskan 7 strategi pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja.

Pertama, pencegahan Covid-19 di perusahaan dan tempat kerja. Kedua, penyusunan pedoman perencanaan keberlangsungan usaha. Ketiga, penyusunan panduan kembali bekerja.

Keempat, perlindungan pekerja dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada kasus Covid-19 akibat kerja. Kelima, peningkatan pembinaan dan pengawasan ketenagakerjaan.


Keenam, peningkatan kolaborasi dengan stakeholder. Ketujuh, melakukan sosialisai dan publikasi melalui Posko K3 Corona, portal sistem pelayanan K3 (Teman K3) serta melalui media sosial.

"Tantangan kita selanjutnya adalah dalam jangka waktu yang relatif panjang, orang cenderung abai dan bosan menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Sejumlah pabrik industri di beberapa daerah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir meminta para pemilik pabrik membantu pemerintah dalam menegakkan protokol kesehatan di dalam pabrik.

Bahkan, pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini mengancam akan menutup suatu pabrik jika tak menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau pemilik pabrik tidak sayang dengan karyawannya, yang mestinya tadi shift-nya bisa dibagi dua tetap jadi satu, hanya mengejar income. Nah, ini saya rasa konsekuensinya juga harusdipertimbangkan, bukan enggak mungkin ya pabriknya ditutup," kata Erick.

https://money.kompas.com/read/2020/09/04/163559726/pabrik-jadi-klaster-sebaran-covid-19-begini-instruksi-menaker

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke