Salin Artikel

Ini Beda Investor dan Spekulator Menurut Lo Kheng Hong

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah seorang investor pasar modal sukses, Lo Kheng Hong mengungkapkan apa perbedaan dari investor dan spekulator di dunia pasar modal.

Menurut dia, ciri-ciri seorang investor yakni adalah orang yang melihat kinerja sebuah perusahaan, bukan melihat valuasinya di pasar modal.

“Seorang investor itu melihat kinerja perusahaannya, sedangkan spekulator itu melihat harga sahamnya,” ujar Lo Kheng Hong dalam sebuah diskusi virtual, Sabtu (20/3/2021).

Lo Kheng Hong menambahkan, seorang spekulator dengan sadar membeli saham sebuah perusahaan yang harganya sudah tinggi.

Selanjutnya, dia akan berharap harga saham perusahaan tersebut akan cepat meningkat.

Saat harga saham perusahaan tersebut meroket, baru lah dia menjual kepemilikan sahamnya.

“Beda dengan seorang investor, seorang investor dia membeli saham yang harganya under value, yang salah harga, artinya harga pasarnya jauh lebih murah dari pada nilai perusahaan,” kata dia.

Lo Kheng Hong menuturkan, seorang spekulator akan membeli saham perusahaan yang mahal dengan harapan dia bisa menjual lebih mahal lagi.

“(Kalau) dia membeli (saham) perusahaan yang harganya rendah, seperti dia membeli Mercy tapi harganya Avanza. Itu investor,” ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2021/03/20/203154426/ini-beda-investor-dan-spekulator-menurut-lo-kheng-hong

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.