Salin Artikel

Mana Lebih Penting, Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa?

Oleh: Nika Halida Hashina dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Asuransi saat ini dinilai sangat penting sebagai kesadaran stabilitas finansial. Asuransi dapat membantu kita di situasi penting yang datang tanpa diduga. Perubahan zaman yang tak terbaca dengan meningkatnya risiko-risiko baru tentu bisa mengancam keuangan kita.

Salah satu risiko yang perlu diperhatikan adalah risiko kesehatan. Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan makan yang tidak teratur, hingga penyakit turunan dapat menjadi bahaya yang mengancam kita setiap saat. Belum lagi risiko lain, seperti kecelakaan, yang meningkatkan risiko kematian.

Pentingnya memiliki asuransi telah banyak dibahas oleh para pakar keuangan dunia. Salah satunya oleh Dion Rafael, Certified Financial Planner, dalam siniar Cuan episode "Kapan Perlu Mikirin Asuransi Kesehatan dan Jiwa?".

Dion mengatakan sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan memiliki kedua asuransi ini sedini mungkin untuk menghindari risiko keuangan. Tentunya, ini sangat berguna jika kondisi kesehatan kita terganggu.

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Saat ini, berbagai jenis asuransi ditawarkan oleh perusahaan. Produk asuransi yang paling banyak diminati adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan adalah kontrak yang mengharuskan perusahaan asuransi membayar sebagian atau seluruh biaya perawatan kesehatan seseorang dengan imbalan premi.

Asuransi kesehatan biasanya mencakup pembayaran biaya medis, bedah, obat dengan resep, dan terkadang biaya perawatan gigi. Tak hanya itu, asuransi ini juga bisa menutupi biaya rawat inap.

Sementara itu, asuransi jiwa adalah kontrak asuransi berjangka yang uang pertanggungannya dibayarkan pada tertanggung meninggal dalam masa perlindungan yang masih berlaku. Produk asuransi jiwa berjangka ini cocok bagi kalian yang berkeluarga dan memiliki pekerjaan dengan risiko besar.

Dengan kata lain, asuransi kesehatan berguna untuk menjamin finansial kita saat tertimpa musibah sakit, sedangkan asuransi jiwa menjamin finansial untuk keluarga saat kita tiada.

Dari kedua asuransi tersebut, jelas keduanya sangat penting dan bermanfaat. Namun, Dion menyarankan untuk, "Ambil asuransi kesehatan dulu aja jika memang budget kamu terbatas, setelah itu baru mikirin yang lain."

Ini dilakukan karena selama hidup, hal yang paling mengancam kestabilan finansial adalah biaya saat sakit.

Dion pun menambahkan, "Jiwa nanti aja kalau udah punya tanggungan seperti istri atau anak. Tapi saya paham setiap kondisi orang berbeda-beda, makanya diperlukan konsultasi yang mendalam sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi."

Memilih produk asuransi dengan bijak dapat meminimalisasi risiko kesalahan dalam mendapat manfaat. Jadi, jangan sampai keliru dalam memilihnya.

Waktu yang Baik untuk Punya Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Jika punya kesempatan dan dana yang memadai, kedua asuransi ini harus segera dimiliki. Tidak ada manusia yang bisa memprediksi kapan ia akan sakit atau meninggal. Begitu pula dengan keuangan, kita tidak pernah tahu apakah masih ada saat kita membutuhkannya.

Uang yang harus keluar secara tiba-tiba bisa menjadi masalah dan mengganggu rencana masa depan. Apalagi, kalau sampai harus dirawat di rumah sakit, biaya yang dikeluarkan tak bisa dianggap remeh. Minimal kita harus merogoh kocek sebesar puluhan juta.

Menurut Dion, "Mendingan bayar premi cukup mulai dari lima ratus ribuan, bikin hati tenang. Nggak perlu bayar puluhan juta lagi." Hal ini benar adanya, sebab biaya asuransi cukup murah dan tidak terlalu berat jika rutin dibayarkan.

Intinya, memiliki asuransi bisa dimulai sedini mungkin untuk meminimalisasi risiko pengeluaran ketika sakit. Bahkan, asuransi ini juga bisa menjamin keuangan keluarga saat kita meninggal.

Asuransi jiwa dan kesehatan ini dibahas secara tuntas oleh Dion Rafael dalam siniar Cuan dalam episode bertajuk "Kapan Perlu Mikirin Asuransi Kesehatan dan Jiwa?" di Spotify.

Dengarkan juga episode menarik lainnya dari siniar Cuan yang membahas mengenai perencanaan keuangan, investasi, asuransi, hingga tips-tips agar kita bisa menghasilkan cuan. Ikuti siniarnya agar kalian terus terinfo episode terbarunya yang tayang tiap Senin, Rabu, dan Jumat!

https://money.kompas.com/read/2022/07/26/180000926/mana-lebih-penting-asuransi-kesehatan-atau-asuransi-jiwa-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.