Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dalam Sepekan, Harga Minyak Dunia Sentuh Level Terendah sejak April 2022

Mengutip Bloomberg, West Texas Intermediate (WTI) sempat turun di bawah 71 dollar AS per barrel menjadi yang terendah selama setahun. Brent juga ambles 11 persen pada pekan ini menjadi 76,1 dollar AS per barrel. Perdagangan tipis telah memperparah fluktuasi harga, dengan volatilitas yang mulai naik lagi pada Jumat karena data inflasi AS.

TC Energy Corp berencana untuk memulai kembali pembukaan pipa minyak Keystone yang ditutup menyusul tumpahan minyak mentah sebesar 14.000 barrel. Sementara itu, Shell Plc telah memulihkan operasi normal ke segmen 20 inci dari sistem minyak mentah Zydeco setelah menjalankannya dengan tarif yang dikurangi sejak November 2022.

Awal pekan ini, ada beberapa kekhawatiran gangguan Keystone akan mengurangi stok minyak mentah di Cushing, Oklahoma, pusat penyimpanan terbesar di negara itu. Pedagang energi senior di CIBC Private Wealth Management Rebecca Babin mengatakan, Keystone kemungkinan akan kembali aktif dalam waktu singkat

"Untuk saat ini, setiap berita utama dilihat melalui lensa bearish dan pembeli tidak termotivasi untuk terlibat sampai mereka melihat sinyal permintaan membaik,” kata Rebecca Babin.

Penurunan WTI pada hari Jumat muncul setelah adanya reli kecil di awal hari yang dipicu oleh pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengatakan negara itu dapat memangkas produksi sebagai tanggapan atas pembatasan G7 pada harga minyak mentahnya.

“Komentar dari Rusia tentang pemotongan produksi dianggap sebagai taktik untuk membicarakan harga dan bukannya memberikan dampak yang berarti pada pasokan,” kata Babin.

Harga minyak mentah saat ini berada pada tren melemah secara kuartalan, dan merupakan yang pertama sejak pertengahan 2019, di tengah prospek ekonomi yang suram karena bank sentral memperketat kebijakan moneter.

Sementara itu, para investor menilai dampak dari pembatasan harga minyak Rusia telah menyebabkan jalur antrean kapal tanker di perairan Turki karena tekendala masalah asuransi.

https://money.kompas.com/read/2022/12/11/073201126/dalam-sepekan-harga-minyak-dunia-sentuh-level-terendah-sejak-april-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke