Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mantan CEO Mastercard Ajay Banga Jadi Presiden Bank Dunia

Ajay Banga (63) dinominasikan oleh Presiden AS Joe Biden pada akhir Februari lalu untuk menggantikan David Malpass.

Pemilihan dilakukan setelah Anggota Dewan Bank Dunia mewawancarai Banga selama empat jam. Keputusan tersebut diambil dalam pemungutan suara oleh 24 anggota dewan, dengan Rusia abstain.

“Ajay Banga akan menjadi pemimpin transformatif, membawa keahlian, pengalaman, dan inovasi ke posisi Presiden Bank Dunia,” kata Joe Biden dikutip dari CNN, Kamis (4/5/2023).

Ia menambahkan, Ajay Banga akan membantu mengarahkan institusi untuk mengatasi tantangan global yang secara langsung memengaruhi misi intinya untuk pengentasan kemiskinan.

Sementara, Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan, Ajay Bangan akan mendorong reformasi tambahan, termasuk dengan menjalin kemitraan antara sektor publik dan swasta serta kelompok nirlaba.

"Ajay memahami bahwa tantangan yang kita hadapi mulai dari memerangi perubahan iklim, pandemi, dan kerapuhan hingga menghilangkan kemiskinan ekstrem dan mempromosikan kemakmuran bersama saling terkait erat," ujar dia.

Kepala Interim Kantor Oxfam International Washington Katie Malouf-Bous mengatakan, Bank Dunia membutuhkan reformasi untuk mengatasi kesenjangan yang melebar antara oang kaya dan miskin.

Namun begitu, hal tersebut membutuhkan investasi publik baru yang besar.

Seorang pejabat senior AS mengatakan, pemilihan Ajay Banga datang pada saat kritis yang ditandai dengan tekanan utang yang muncul di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Di sisi lain ada juga masalah yang sedang berlangsung di pasar makanan dan energi sebagai akibat dari perang Rusia di Ukraina.

“Ini adalah momen yang menantang, tetapi ini adalah momen di mana Bank Dunia tetap lebih penting dari sebelumnya, dan di mana evolusi Bank Dunia sangatlah penting,” kata pejabat tersebut.

Bank Dunia dipimpin oleh orang Amerika Serikat sejak didirikan pada akhir Perang Dunia Kedua. Sedangkan Dana Moneter Internasional (IMF) dipimpin oleh orang Eropa.

Banga, yang lahir di India dan menghabiskan awal karirnya di sana, telah menjadi warga negara AS sejak 2007.

https://money.kompas.com/read/2023/05/04/143046426/mantan-ceo-mastercard-ajay-banga-jadi-presiden-bank-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke