Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan Cak Imin, Gibran, dan Mahfud MD Jelang Debat Isu Ekonomi

JAKARTA, KOMPAS.com - Debat calon wakil presiden (cawapres) periode 2024-2029 akan dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) mendatang. Dalam gelaran debat tersebut, tema utama yang akan dibahas ialah terkait ekonomi.

Jelang pelaksanaan debat cawapres tersebut, tim sukses masing-masing pasangan calon memastikan, para cawapres yang diusung, yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD sudah siap menjalankan debat perdananya.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Irvan Pulungan mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh Cak Imin melibatkan workshop di lingkup internal tim pemenangan.

Lewat workshop tersebut, Timnas Amin menyiapkan materi-materi yang akan dibahas serta mengaitkannya dengan visi-misi pasangan calon nomor urut 1 itu.

"Di Timnas kita punya workshop persiapan debat. Di workshop kita tidak hanya siapkan materi tapi juga mempersiapkan calon bisa menyampaikan dan mengartikulasikan visi dan misi," tutur dia ketika ditemui di Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Irvan pun mengklaim, Cak Imin tidak memerlukan waktu yang panjang untuk persiapan debat. Sebab, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu disebut sudah memiliki pengalaman panjang dalam birokrasi pemerintahan.

"Debat itu makanan sehari-hari. Jadi pede," katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Drajad Wibowo bilang, Gibran sudah mempersiapkan debat dengan baik. Bahkan, Wali Kota Surakarta itu disebut siap memberikan kejutan dalam debat perdananya.

"Mungkin akan menyampaikan sejumlah kejutan. Dan kalau dari saya pribadi itu yang saya usulkan, just be himself," ujarnya.

Dalam gelaran debat nanti, Gibran tidak hanya akan membawakan pengalamannya memimpin Surakarta. Drajad menyebutkan, Gibran merupakan sosok yang merepresentasikan kalangan milenial, sehingga isu berkaitan hal tersebut juga akan dikeluarkan.

"Jadi isu-isu generasi milenial dengan gen Z tetu menjadi bagian yang dibawa," katanya.

Sementara itu, Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Agus Hermanto menilai, Mahfud MD merupakan sosok yang paling siap dalam debat mendatang. Hal ini tidak terlepas dari panjangnya pengalaman yang dimiliki.

"Beliau sudah ke mana-mana, DPR sudah, MK sudah, Menko sudah," ujarnya.

TPN pun disebut melibatkan akademisi dan pakar dalam mempersiapkan materi yang akan dibahas Mahfud nantinya. Persiapan materi itu akan dikolaborasi dengan pengalaman yang dimiliki Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan itu.

"Meskipun Pak Mahfud belum menteri ekonomi, tapi dia tahu, karena pernah jadi anggota DPR, pernah bahas anggaran. Pengetahuannya sudah ke arah situ," ucapnya.

Sebagai informasi, pada debat cawapres perdana, ada enam tema yang akan dibahas. Keenamnya yaitu ekonomi, baik itu ekonomi kerakyatan maupun ekonomi digital, kemudian keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdagangan, serta infrastruktur dan perkotaan.

https://money.kompas.com/read/2023/12/19/184659226/persiapan-cak-imin-gibran-dan-mahfud-md-jelang-debat-isu-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke