Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Strategi Forum Negara Kepulauan Dongkrak Ekonomi Biru

Komitmen itu ditunjukkan dengan partisipasi AIS Forum dalam rangkaian acara Bali Ocean Days yang diselenggarakan oleh Sky Blue Sea Foundation.

Deputi bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, sebagai salah satu anggota AIS Forum, pemerintah Indonesia turut aktif dalam upaya akselerasi implementasi ekonomi biru.

Salah satu upaya yang telah dilakukan ialah melalui keterlibatan perumusan Pedoman Strategis Pembiayaan Biru (Blue Strategic Financing Document) bersama Sekretariat AIS Forum di tahun 2022.

Dokumen tersebut kemudian dijadikan sebagai salah satu acuan bagi Indonesia ketika meluncurkan surat obligasi biru atau sovereign blue bond yang pertama di tahun 2023.

"Melalui AIS Forum, Indonesia sangat aktif mendukung dan bekerja sama dengan berbagai forum dan organisasi internasional atau regional untuk memastikan upaya bersama dalam memajukan ekonomi biru secara global," tutur dia dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Sementara itu, Guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) University Luky Adrianto mengatakan, dalam rangka mendongkrak ekonomi biru, AIS Forum juga menyiapkan Blue Economy Development Index (BEDI).

Ia menjelaskan, BEDI merupakan sebuah alat ukur yang bisa digunakan untuk melihat capaian pengembangan ekonomi biru di suatu negara.

"Terkhususnya negara-negara AIS, BEDI bisa menjadi acuan yang bagus untuk menakar regenerasi ekonomi biru berkelanjutan, mengingat bahwa negara-negara pulau dan kepulauan memiliki potensi yang cukup besar di sektor ekonomi biru ini," tuturnya.

Luky menyebutkan, BEDI telah dikembangkan sejak 2018, di mana saat ini telah mencapai tahap akhir dalam proses simplifikasi alat ukur agar lebih mudah digunakan secara global, lebih khususnya untuk negara-negara pulau dan kepulauan.

"Pengembangan BEDI oleh AIS Forum diharapkan bisa menjadi salah satu medium yang tepat guna bagi negara-negara AIS untuk menganalisis performa ekonomi biru di negara-negara tersebut," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2024/01/23/151417326/strategi-forum-negara-kepulauan-dongkrak-ekonomi-biru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke