Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK: Kondisi Perekonomian Global Lebih Baik dari Ekspektasi

“OJK menilai, saat ini kondisi perekonomian dan pasar keuangan global cukup kondusif yang secara umum lebih baik dari ekspektasi sebelumnya,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, secara virtual, Selasa (2/3/2024).

“Namun perkembagnan geopolitik global perlu dicermati seiring dengan peningkatan ketegangan di Timur Tengah dan Ukraina yang berpotensi memberi dampak perekon global,” tambahnya.

Mahendra mengatakan, di AS kinerja ekonomi terlihat solid dan di atas ekspektasi sebelumnya. Namun inflasi cenderung belum berubah dibanding sebelumnya.

The Fed pada FOMC meeting 2024 merevisi ke atas pertumbuhan ekonomi AS secara cukup signifikan seiring dengan kenaikan inflasi, meski demikian The Fed tetap mempertahankan rencana penurunan suku bunganya sebesar 75 bps di 2024 ini.

Likuiditas juga diperkirakan lebih baik seiring rencana The Fed mengurangi laju kuantitatif tightening. Kebijakan akomodatif The Fed juga diikuti Bank Central Eropa dan Bank of England yang mengisyaratkan akan menurunkan suku bunga tahun 2024.

Di China, rilis kinerja ekonomi seperti penjualan ritel, impor, dan tingkat inflasi diatas ekspektasi pasar dengan kebijakan fiskal dan moneter tetap akomodatif.

Dari domestik, inflasi mengalami peningkatan seiring dengan kenaikan harga pangan. Namun, inflasi inti terjaga stabil menghentikan tren penurunan sejak 2022.

“Ini diharapkan menjadi indikasi pemulihan permintaan ke depan. Indikasi awal pemulihan konsumsi domestik juga terlihat dari peningkatan impor barang konsumsi yang cukup signifikan pada Februari 2024,” jelasnya.

Sementara itu, Mahendra yakin kinerja sektor manufaktur terus membaik, namun perlu dicermati peningkatn permintaan terhadap barang konsumsi tidak terus berujung pada penurunan surplus neraca perdagangan seiring berlanjutnya kontraksi ekspor dan apabila peningkatan kebutuhan impor berlanjut terus.

https://money.kompas.com/read/2024/04/02/175325126/ojk-kondisi-perekonomian-global-lebih-baik-dari-ekspektasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke