KILAS

Jargas Baru Diharapkan Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Kota Cirebon

Kompas.com - 21/03/2019, 16:10 WIB
Meteran Jargas di komplek pesantren Assalafiyah Kota Pasuruan Jawa Timur KOMPAS.com/ACHMAD FAIZALMeteran Jargas di komplek pesantren Assalafiyah Kota Pasuruan Jawa Timur

KOMPAS.com – Tarif hidup perekonomian masyarakat Kota Cirebon diharapkan dapat meningkat usai beroperasinya jaringan gas ( jargas) untuk rumah tangga baru di Kota Cirebon.

Hal itu dikatakan Direktur Utama PGN Gigih Prakoso saat bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, dan Dirjen Migas Djoko Siswanto, serta Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis meresmikan beroperasinya jargas baru tersebut, Kamis (21/3/2019)

“Kota Cirebon, merupakan salah satu pusat industri yang maju di Provinsi Jawa Barat. Lewat energi baik yang murah dan stabil, masyarakat akan mendapatkan nilai lebih,” tukas Gigih seperti dalam keterangan resminya.

Masyarakat bisa mendapatkan nilai lebih karena dengan menggunakan jargas mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari harga gas bumi lebih murah dari LPG, emisi jauh lebih bersih dibanding BBM dan kayu Bakar, serta available setiap saat sehingga tidak perlu keluar rumah seperti mencari LPG, minyak tanah dan kayu bakar jika sewaktu-waktu kehabisan.

Di samping menguntungkan masyarakat, penggunaan jargas juga mampu menekan subsidi dan impor LPG sehingga baik untuk efisiensi APBN.

Seperti beritakan sebelumnya, sebanyak 3.503 Sambungan Rumah (SR) jargas baru telah beroperasi di Kota Cirebon.  Jargas baru ini pun dibangun pemerintah dengan dana APBN tahun 2018.

Baca jugaSah, Kota Cirebon Kini Punya Jargas 3.503 SR Baru 

"Jargas Kota Cirebon dibangun di Kelurahan Suket Duwur,  Surapandan,  Kedung Kersik, serta penetrasi di Kelurahan Argasunya, Kalijaga, dan Harjamukti,"  kata Dirjen Migas Djoko Siswanto di Kantor Kelurahan Kalijaga, Harjamukti , seperti dalam keterangan tertulisnya.

Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Dirjen Migas Djoko Siswanto, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis serta Dirut PT PGN Gigih Prakoso, meresmikan beroperasinya jargas di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/3/2019)Dok. Humas PGN Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Dirjen Migas Djoko Siswanto, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis serta Dirut PT PGN Gigih Prakoso, meresmikan beroperasinya jargas di Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/3/2019)
Dengan tambahan jargas tersebut, maka kini jumlah jaringan jargas rumah tangga yang sudah terpasang di Kota Cirebon adalah 7.503 SR. Sebelumnya, kota ini telah punya jargas 4.000 SR yang telah dibangun pada 2012. Adapun total pembangunan jargas di Provinsi Jawa Barat sekarang berjumlah 33.200 SR.

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis menambahkan, pembangunan jargas tersebut membuktikan adanya perhatian pemerintah kepada masyarakat Kota Cirebon. 

"Periode dulu kita dikasih 4.000 SR, sekarang 3.503 SR yang difokuskan di Harjamukti karena saat ini mereka yang paling membutuhkan," ucapnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X