Jadi karyawan Senior atau Junior, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 23/03/2019, 08:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Kantor merupakan tempat yang heterogen. Di mana kita bisa menemukan orang-orang dari berbagai suku, bangsa, jenis kelamin, dan umur.

Oleh sebab itu, sebagai karyawan yang baik, Anda perlu menerapkan tata krama dan norma-norma yang berlaku pada budaya Timur, seperti Indonesia ini dalam menjalani hubungan dengan orang-orang di kantor. Misalnya, kita harus menghargai orang yang umurnya lebih tua.

Tak sedikit para karyawan dari fresh graduated yang masih awam terhadap budaya di kantor. Mereka cenderung malu-malu pada karyawan yang lebih senior, dan malah menghindarinya.

Padahal hal tersebut tidaklah baik dan akan dianggap tidak bisa membaur dengan yang lain. Oleh sebab itu, mengetahui cara menjalin hubungan yang baik dengan senior di kantor sangatlah penting.

Tentu saja, antara karyawan senior maupun junior itu memiliki keunggulan masing-masing. Dan hal itu sangat berguna bagi keduanya dan kemajuan perusahaan. Nah, bagi Anda karyawan senior maupun junior, inilah cara bersikap atau hal yang harus dilakukan seperti dikutip dari Cermati.com.

Karyawan Senior

1. Karyawan Senior Bisa Membagikan Pengalaman

Bagi karyawan yang sudah senior, tentunya sudah memiliki pengalaman yang lebih banyak ketimbang yang masih baru lulus kuliah. Oleh karena itu, bila Anda karyawan senior, bisa membagian pengalaman tersebut kepada karyawan junior.

Hal ini juga bisa memberikan nilai lebih kepada perjalanan karier Anda nantinya. Sebab Anda memiliki tingkat kepedulian untuk membangun perusahaan bersama-sama. Peluang Anda untuk naik jabatan pun semakin terbuka lebar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, ketika Anda melakukan transfer ilmu atau pengalaman kepada para junior, maka sama halnya Anda tengah memberikan estafet pekerjaan kepada mereka. Anda tinggal mengarahkan dan memantaunya.

2. Karyawan Senior Bisa Belajar Sesuatu yang Baru dari Para Junior

Saking sibuknya melakukan pekerjaan sehari-hari dan yang itu-itu saja, bisa jadi Anda tertinggal oleh sebuah informasi terbaru seputar keahlian tertentu. Sementara pada karyawan junior tentunya dekat dengan sesuatu hal baru yang dipelajari di kampus.

Oleh karena itu, sebagai karyawan senior, Anda bisa bekerjasama dan mengetahui hal-hal baru apa saja yang mungkin terlewatkan selama ini. Dengan demikian, kendati tidak sempat mengetahui hal baru, Anda pun bisa menjadi kekinian dalam berbagai pengetahuan dan informasi yang menunjang pekerjaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X