Kompas.com - 25/04/2019, 21:02 WIB
Warren Buffett. Warren Buffett.

KOMPAS.com - Di usia yang ke-88 tahunnya, Warren Buffet, investor kakap dunia dan pemilik Berkshire Hathaway seringkali dianggap Yoda dari dunia investasi karena kekayaannya. Menurut Forbes, kekayaannya saat ini berada di angka 86 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.212 triliun ( kurs Rp 14.100 per dollar AS).

Siapa sangka, langkah terbaik salah satu orang terkaya di dunia ini, mengenai cara mencapai kesuksesan dalam bisnis tidak ada hubungannya dengan laporan laba-rugi atau portofolio saham.

"Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri," kata Warren Buffett baru-baru ini kepada pemimpin redaksi Yahoo Finance Andy Serwer dikutip dari CNN, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Hartono Bersaudara Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Dunia

Investasi dalam diri sendiri bisa dilakukan belajar berkomunikasi lebih baik secara lisan maupun tulisan. Ini mampu meningkatkan kesuksesan setidaknya 50 persen.

Jika Anda tidak dapat berkomunikasi dengan seseorang, ibarat mengerlingkan mata pada seorang gadis dalam kegelapan sehingga tidak akan berarti apa-apa.

"Tidak ada yang terjadi. Kamu harus bisa mengeluarkan ide-idemu," saran Buffet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal kedua yang disarankan Buffet adalah memulai merawat tubuh dan pikiran Anda ketika masih muda.

"Jika saya memberi Anda mobil, dan itu akan menjadi satu-satunya mobil yang Anda dapatkan seumur hidup Anda, Anda akan menjaganya sekuat tenaga. Anda akan memperbaiki setiap goresan yang ada, membaca buku panduan mobil tersebut, dan membangun garasi," kata Buffet mencontohkan.

Sama halnya dengan tubuh.  Kita tidak dapat memulai merawatnya pada usia 50 tahun, saat seharusnya Anda telah merasakan dampak hidup sehat. Lagipula, tak seperti investasi lainnya yang hasilnya naik turun, investasi pada diri sendiri akan dinikmati oleh diri sendiri pula.

Sebagai informasi saja, Buffet terkenal dengan diet Coke dan Mcdonald-nya. Dia menyebut, orang harus melakukan apa yang dia katakan.

Pada akhirnya, definisi Buffett tentang kesuksesan sejati tidak harus selalu berhubungan dengan uang.

"Saya sudah berulang kali mengatakan, jika Anda mencapai usia 65 atau 70 tahun, kemudian memiliki orang-orang yang Anda cintai dan mencintai Anda, Anda sukses," kata Buffett.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.