Pemerintah Diminta Susun "Blueprint" Integrasi Moda Transportasi

Kompas.com - 13/05/2019, 14:57 WIB
Terminal LCC Bandara Soekarno Hatta. Dokumentasi Angkasa Pura IITerminal LCC Bandara Soekarno Hatta.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organda turut menyoroti polemik kenaikan harga tiket pesawat yang menyita perhatian publik. Menurut Organda, ini adalah hal wajar, untuk menyeimbangkan rasio keberlangsungan dalam bisnis transportasi.

"Masalah yang cukup mendesak saat ini agar pemerintah secepatnya membuat semacam 'blueprint' pengembangan transportasi di berbagai moda dan skenario penyelenggaraannya," kata Sekretaris Jenderal DPP Organda Ateng Aryono dalam pernyataan resminya, Senin (13/5/2019).

Ateng menjelaskan, hal ini dimaksudkan agar semua moda dapat terkoneksi dan saling komplementer. Skenario integrasi dan koneksi diberlakukan secara nasional harus tetap dilaksanakan dengan sistematis dan terencana.

Baca juga: Harga Kurang Kompetitif, MRT Dianggap Kurang Menarik Minat Pindah Moda

“Minimal bisa jadi pedoman pengambilan kebijakan, termasuk bagaimana skenario modal share antar moda, Artinya kesan predatory atas nama kemajuan zaman tidak perlu jadi justifikasi lagi,” ungkap Ateng.

DPP Organda lebih memfokuskan pada dinamika pembangunan infrastruktur angkutan umum yang saat ini memerlukan integrasi yang baik untuk memudahkan perpindahan barang dan penumpang. Selain menciptakan penyelenggaraan angkutan yang bersifat komplementer angkutan antarmoda menjadi satu kesatuan.

Menurut Ateng, saat ini yang sangat dibutuhkan bukan hanya terkait tarif, namun lebih ke prinsip integrasi antarmoda transportasi guna mencegah konektivitas antarmoda yang buruk. Integrasi antarmoda harus menitikberatkan pada aspek kemudahan mobilitas penumpang transportasi publik.

Baca juga: Kepala BPTJ Yakin Rancangan Transportasi Umum Tidak Tumpah Tindih

Dia mengungkapkan, integrasi antarmoda ini akan berfokus pada aspek, kecepatan akses penumpang, kemudahan penumpang dalam mengakses transportasi publik, keterjangkauan tarif dan lokasi kebutuhan integrasi.

DPP Organda juga menyambut baik pembangunan moda baru seperti MRT dan LRT, namun skenario lanjutan untuk “menyelaraskan” dengan moda eksisting mutlak diperlukan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X