Jasa Marga: GT Cikampek Utama Rampung Sebelum Puncak Mudik

Kompas.com - 21/05/2019, 05:11 WIB
Gerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, menuju Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOGerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, menuju Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, pengganti GT Cikarang Utama, dipastikan selesai pembangunannya sebelum puncak arus mudik yang diperkirakan tanggal 30-31 Mei 2019.

"Saat ini pembangunan GT sudah capai 85 persen dan bahkan pada tanggal 23 Mei jam 00.00 sudah bisa digunakan," kata Maintenance Group Head PT Jasa Marga Rudy Hardiansyah di Cikampek, Jawa Barat, Senin (20/5/2019).

GT Cikampek Utama akan memiliki 30 GT, yaitu 15 GT arah timur dan 15 GT arah barat.

Pada saat puncak arus mudik dan balik sebut dia, seluruh GT tersebut akan difungsikan untuk mengantisipasi kemungkinan padatnya volume kendaraan bermotor.

Baca juga: Saldo Uang Elektronik Habis Saat Mudik, Bisa Top Up di Gerbang Tol

Namun untuk hari-hari normal atau liburan akhir pekan jumlah GT yang dibuka hanya dibuka sekitar 6-7 GT.

Adapun saat pembukaan GT Cikampek Utama pada 23 Mei dan sebelum puncak mudik, jumlah GT yang akan dibuka adalah 7 GT arah barat dan 7 GT arah timur.

"Saat ini pembangunan GT sudah dalam taraf penyelesaian, sehingga nanti tgl 23 Mei sudah bisa digunakan 14 GT," ucap dia.

Sementara GM PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman, mengatakan jumlah kendaraan yang akan menuju ke arah Jawa Tengah akan semakin berkurang , karena banyak yang sudah keluar dari GT Ciperna kilometer 205, GT Pejagan kilometer 248 dan beberapa gerbang tol lainnya yang berada sebelum GT Brebes Barat.

"Perkiraan jumlah kendaraan sebanyak 150.000 di Cikarut, di Cikampek sudah 75.000 atau 80.000 kendaraan paling banyak. Kemudian Palimanan Kanci lebih banyak lagi yang keluar terutama di Ciperna. Kemudian lanjut Palimanan Kanci, Kanci Pejagan, berakhir di Brebes Barat. Di sini akan tetap diatur sedemikian rupa sehingga tidak padat," kata dia.

Menurut Raddy, selain telah membuka banyak gerbang di GT Cikampek Utama, Jasa Marga juga tetap menyediakan mobile reader untuk pembayaran menggunakan kartu sehingga bisa mempercepat antrean kendaraan yang akan bayar.

Jasa Marga lanjut dia, akan menyiapkan lokasi khusus di bekas GT Cikarang Utama untuk membeli kartu atau menambah serta mengisi dana untuk pembayaran tol saat jelang arus mudik dan balik.

"Semua perbankan baik BN maupun swasta yang melayani pembayaran gunakan kartu akan disiapkan di lokasi yang kita sediakan," ujarnya.

Baca juga: Sistem Satu Arah di Tol Diterapkan, Ini Tips dari Menhub

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X