Mudik 2019, Jumlah Penumpang Semua Moda Transportasi Diprediksi Naik

Kompas.com - 29/05/2019, 07:31 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Posko Nasional Terpadu 2019 di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/5/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGAMenteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan Posko Nasional Terpadu 2019 di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memprediksi penumpang semua moda transportasi akan mengalami kenaikan pada periode mudik tahun ini. Angkanya melampaui tahun sebelumnya.

"Pemudik tahun ini meningkat. Saya mengidentifikasi darat, udara, laut, itu naik semuanya," kata Budi di kantornya, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Menhub menyebutkan, persentase kenaikan jumlah penumpang di tiga moda itu sangat bervariasi, mulai dari 2 persen hingga 7 persen.

"Bahkan darat dan laut itu naik sekitar 5 sampai 7 persen. Udara yang paling kecil, Kira-kira 2 persen," ungkapnya.

Baca juga: Menhub Berharap Mudik Tahun Ini Lebih Baik dari Tahun Lalu

Dia menjelaskan, pihaknya bersyukur karena ada kenaikan penggunaan transportasi publik yang digunakan masyarakat untuk mudik. Karena itu, tahun ini yang menjadi fokus perhatian adalah keselamatan dalam berlalu lintas.

"Jadi alhamdulillah penumpang naik, sehingga sekarang ini harus kita hadapi adalah isu keselamatan. Apa itu, di jalan tol jangan ngebut, tidak boleh lebih 100 km/jam, yang mau naik motor kalau bisa jangan, (silakan) naik bus, naik kereta api," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, pengecekan kondisi kendaraan yang digunakan dalam moda angkutan Lebaran juga harus dilakukan.

Baca juga: H-3 Lebaran Jadi Titik Fokus Korlantas Polri saat Arus Mudik 2019

"Satu lagi ramp check bagi bus-bus, mereka yang baik bus lihat sudah di-ramchek belum? Karena apa? Kapolres dan Dishub akan melakukan law enforcement, akan memberhentikan bus itu jika tidak ada surat tanda ramp check," tegasnya.

Sebagai informasi, untuk arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 30, 31 Mei dan 1, 2 Juni. Sedangakan untuk arus balik yaitu tanggal 8, 9, 10 Juni. Pemerintah bersama instansi terkait sudah mempersiapkan serangkaian persiapan dan pemantauan mudik 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.