Astra Kembangkan Kawasan 645 Desa Sejahtera di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 25/06/2019, 14:24 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dalam acara Kick Off Desa Sejahtera Astra di Jakarta, Selasa (25/6/2019). AMBARANIE NADIA KEMALAMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dalam acara Kick Off Desa Sejahtera Astra di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra mengembangkan kawasan desa se-Indonesia untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Dalam menjalankan program bernama Desa Sejahtera Astra itu, Astra bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi kawasan pedesaan.

Sejauh ini, sebanyak 645 desa di 125 kabupaten merupakan kawasan yang dibina Astra.

"Sebelumnya kita ada 370 desa sejahtera di 77 kabupaten. Hari ini 275 desa akan kita tandatangani (perjanjian kerja sama) sehingga menjadi 645 desa," ujar Deputi Chief of Corporate Affair PT Astra International Riza Deliansyah di Menara Astra, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

Sebanyak 233 desa fokus di bidang pertanian dan peternakan, 76 desa di bidang perikanan, 34 desa di sektor kreatif, dan 27 desa fokus pada pelayanan jasa dan wisata.

Dalam pengembangan desa tersebut, Astra fokus pada empat bidang, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, dan wirausaha atau UKM. Riza mengatakan, yang mereka berikan tak hanya dari segi permodalan.

Warga desa diberikan pendampingan mulai dari pelatihan, bantuan prasarana, hingga fasilitas modal dan pemasaran produk.

"Kami harap desa-desa ini bisa jadi desa mandiri dan sejahtera. Khususnya dari segi ekonomi," kata Riza.

Riza juga berharap desa binaan mereka menjadi role model desa-desa lainnya dalam mengembangkan potensi di kawasan masing-masing. Selain desa, Astra juga memiliki 80-an kampung berseri Astra yang juga mendapat pendampingan hingga permodalan.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X