Garuda Minta Penumpang Tak Ambil Foto dan Video di Pesawat, Bagaimana Citilink?

Kompas.com - 17/07/2019, 06:11 WIB
Pesawat Citilink yang melakukan penerbangan internasional perdana dari Banyuwangi, Jawa Timur menuju Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/12/2018).KOMPAS.com/IRA RACHMAWATI Pesawat Citilink yang melakukan penerbangan internasional perdana dari Banyuwangi, Jawa Timur menuju Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Garuda Indonesia telah mengeluarkan imbauan agar penumpang tidak mengambil foto dan video di dalam pesawat dengan alasan privasi. Bagaimana dengan adiknya, Citilink?

Tak seperti Garuda Indonesia, maskapai penerbangan Citilink belum memberlakukan aturan pembatasan pengambilan gambar di dalam pesawat oleh penumpang.

Vice President Corsec Citilink Resty Kusandarina mengatakan, saat ini, anak perusahaan PT Garuda Indonesia itu masih membahas aturan ini secara internal.

"Sesuai dengan kebijakan Garuda Indonesia sebagai induk perusahaan, kami juga pastinya berkomitmen akan turut menjaga penyebaran informasi di dalam pesawat agar tetap menjaga kenyamanan dan privasi penumpang kami," kata Resty kepada Kompas.com, Selasa (16/7/2019).

Baca juga: Garuda Indonesia Larang Penumpang Ambil Foto dan Video di Pesawat

Resty belum menjelaskan secara rinci upaya apa saja yang akan dilakukan pihaknya untuk menjaga penyebaran informasi di dalam pesawat tersebut.

"Belum sampai ke arah situ pembahasannya (upaya menjaga penyebaran informasi). Intinya sih, sejauh ini kami belum memberlakukan aturan (pengambilan gambar di pesawat) terkait hal tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melarang penumpang untuk mengambil foto dan video di dalam pesawat. Larangan tersebut tertuang dalam surat pengumuman yang dikeluarkan manajemen Garuda Indonesia pada Selasa (16/7/2019) dengan nomor JKTDO/PE60001/2019.

Surat tersebut ditandatangani oleh Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Bambang Adisurya Angkasa.

Baca juga: Penjelasan Garuda soal Penumpang Diminta Tak Foto dan Video di Pesawat

Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra atau biasa disapa Ari Askhara membenarkan larangan itu dengan mengirimkan file imbauan kepada penumpang.

Ari mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka menjaga ketertiban kabin pesawat, menunjang keselamatan operasi penerbangan, kelancaran pelayanan selama penerbangan, dan menghormati hak-hak penumpang.

Meski begitu, penumpang masih diperbolehkan mengambil foto diri atau selfie untuk kepentingan pribadi di dalam kabin pesawat.

Baca juga: Tenang, Garuda Masih Perbolehkan Penumpang Selfie di Pesawat

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X