Menakar Untung Rugi Modal Asing di Unicorn RI

Kompas.com - 08/08/2019, 11:18 WIB
Startup Unicorn Di Indonesia KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoStartup Unicorn Di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliran modal asing yang kian deras mengalir ke perusahaan startup Indonesia bergelar Unicorn kembali menjadi topik hangat.

Hal ini menyusul laporan Google dan Temasek yang menyebut bahwa keempat Unicorn RI berasal dari Singapura seperti diungkapkan oleh Kepala BPKM Thomas Lembong.

Keempat unicorn asal Indonesia yang diklaim berasal dari Singapura tersebut yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak.

Kamar Dagang dan Industri  (Kadin) Indonesia bahkan membuat focus grup discussion (FGD) terkait sesaknya modal asing di Unicorn RI.

Fokus bahasannya apalagi kalau bukan menakar untung rugi aliran modal asing keempat unicorn Indonesia tersebut.

Gorengan

Ketua Lembaga Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Ekonomi (LP3E) Kadin Indonesia Didik J. Rachbini menilai, derasnya aliran modal asing ke Unicorn Indonesia tidak selalu positif.

Ia menganalogikan derasnya aliran modal asing ke Unicorn RI seperti makan gorengan.

"Modal seperti ini perlu dicermati, ibarat kita makan gorengan, ada gizinya tetapi kolesterolnya perlu dicermati," ujarnya di acara FGD Kadin, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Didik yang juga seorang ekonom menegaskan tidak menolak investasi asing di Unicorn Indonesia. Sebab investasi asing juga punya aspek positif antara lain menguatkan nilai tukar rupiah.

Baca: Modal Asing untuk Unicorn Masuk ke RI atau Tidak? Ini Kata BKPM

Aliran modal asing yang masuk ke Indonesia akan membuat permintaan rupiah kian banyak. Dampaknya nilai tukar mata uang Garuda itu pun akan menguat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X