Dinaikkan, Berikut 3 Fakta soal Tunjangan Cuti Tahunan Pimpinan BPJS

Kompas.com - 13/08/2019, 20:30 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan Kompas.com/ Luthfia Ayu AzanellaIlustrasi BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK.02/2019 tentang manfaat tambahan lainnya dan insentif bagi anggota Dewan Pengawas dan anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pada PMK itu, disebutkan adanya kenaikan tunjangan cuti tahunan pimpinan BPJS yang berlaku setelah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menandatangani PMK pada 1 Agustus 2019.

Artinya per Agustus 2019, Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat kenaikan tunjangan cuti tahunan.

Berikut 3 fakta mengenai kenaikan tunjangan cuti tahunan pimpinan BPJS.

1. Naik Dua Kali Lipat

Sebelum keluar aturan baru soal kenaikan tunjangan cuti tahunan, besaran kenaikan tunjangan cuti tahunan bagi Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan diatur sebesar satu kali upah atau gaji. 

Hal itu tertuang dalam PMK Nomor 34/PMK.02/2015 tentang tunjangan. Namun dengan keluarnya PMK Nomor 112/PMK.02/2019, maka tunjangan cuti tahunan menjadi sebesar 2 kali upah atau gaji.

Baca juga: Tunjangan Cuti Tahunan Pimpinan BPJS Naik Dua Kali Lipat

2. Penyetaraan Hak dan Kewajiban.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Nufransa Wira Sakti menyampaikan bahwa adanya kenaikan tunjangan dilakukan untuk penyetaraan hak dan kewajiban pegawai BPJS.

Diketahui, dalam setahun pegawai BPJS mendapatkan 14 kali gaji dalam bentuk THR dan Gaji Ketiga Belas, tetapi tidak untuk Dewan Pengawas dan anggota Direksi BPJS.

"Pegawai BPJS kalau ditotal penghasilannya 14 bulan gaji. Dewan Pengawas dan Direksi cuma 13. Kita buat penyetaraannlah istilahnya," ujar Nufransa saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (13/8/2019).

Baca juga: Sri Mulyani Naikkan Tunjangan Cuti Pimpinan BPJS, Apa Alasannya?

3. Sri Mulyani Tolak Peningkatan Permintaan Tunjangan Lain

Nufransa mengungkapkan bahwa kenaikan tunjangan cuti tahunan tersebut berdasarkan permintaan dari pihak BPJS.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X